Gegana sisir delapan gereja di Yogyakarta

id gegana sisir gereja di yogyakarta

Gegana sisir delapan gereja di Yogyakarta

Seorang petugas dari tim Gegana Brimob Polda DIY melakukan sterilisasi di Gereja Antonius Kotabaru, Yogyakarta, menjelang perayaan Paskah. (FOTO ANTARA/Noveradika)

Jogja (ANTARA Jogja) - Tim Gegana Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penyisiran di delapan gereja besar di kota ini  menjelang perayaan Paskah sebagai antisipasi untuk menghindari kemungkinan adanya teror dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Ada delapan gereja yang akan kami sisir untuk memastikan tidak ada bahan peledak atau unsur lain sebelum diserahkan ke kepolisian sektor untuk melakukan pengamanan selanjutnya," kata Wakasubden Gegana Satuan Brimob Polda DIY AKP Suripto saat melakukan penyisiran di Gereja St. Antonius Kota Baru Yogyakarta, Kamis.

Selain Gereja Kota Baru, gereja yang menjadi sasaran dari penyisiran menjelang perayaan Paskah tersebut adalah Kemetiran, Ngupasan, Pugeran, Bintaran, Jetis, Sawo Kembar, dan Gereja Kidul Lodji.

Dalam melakukan penyisiran, Gegana Satuan Brimob Polda DIY mengerahkan sebanyak 19 personel atau dua unit satuan, dan menyiagakan tiga unit satuan yang sewaktu-waktu dapat diterjunkan untuk membantu operasi pengamanan.

Tim gegana tersebut melakukan penyisiran di berbagai lokasi gereja yang diduga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan peledak di antaranya adalah di bangku jemaat, di altar hingga ke halaman gereja.

"Kami menggunakan berbagai peralatan, seperti `metal detector` dan `explosive detector`," katanya.

Mengenai kejadian teror bom yang terjadi di Balai Kota Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, lanjut dia, juga menjadi salah satu bahan pertimbangan upaya penyisiran tersebut harus dilakukan dengan cermat dan teliti.

Ketua Panitia Paskah 2012 Gereja St. Antonius Kotabaru Anggoro mengatakan, rangkaian perayaan Paskah sudah dimulai dengan kegiatan Minggu Palma, yang dilanjutkan dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah dan Minggu Paskah.

"Untuk asing-masing perayaan, kami setidaknya melakukan tiga kali misa. Setiap misa bisa dihadiri oleh sekitar 13.000 hingga 14.000 jemaat," katanya.

Dari berbagai kegiatan Paskah, lanjut Anggoro, di Gereja Kotabaru akan digelar misa khusus untuk anak-anak dan remaja. 

Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasional Polresta Yogyakarta Iptu Legowo Saputro mengatakan, akan menerjunkan 1.010 personel kepolisian untuk melakukan pengamanan selama perayaan Paskah baik di gereja maupun objek vital lainnya.

Di Kota Yogyakarta terdapat 41 gereja, delapan di antaranya gereja besar. Rata-rata jumlah personel kepolisian yang akan diterjunkan untuk membantu pengamanan di gereja adalah empat orang, namun jumlahnya akan ditambah sesuai kebutuhan jika gerejanya termasuk gereja besar.

(E013)