Pegawai honorer berkesempatan ikuti tes CPNS

id tes cpns koota

Pegawai honorer berkesempatan ikuti tes CPNS

ilustrasi tes cpns (antaranews.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Pegawai honorer kategori II di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta berkesempatan mengikuti seleksi ujian tertulis memperebutkan kursi calon pegawai negeri sipil antartenaga honorer.

"Di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, kami mendata ada sebanyak 873 tenaga honorer kategori II (K II). Tetapi, data ini masih tetap harus dilengkapi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta Tri Widayanto di Yogyakarta, Kamis.

Tenaga honorer K II adalah tenaga honorer yang langsung diangkat oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dan gajinya tidak diambil secara langsung dari APBD atau APBN.

Menurut dia, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2012, menyebutkan pemerintah daerah harus merekam data tentang tenaga honorer yang bekerja di lingkungan pemerintahan.

Pendataan tersebut merupakan salah satu syarat bagi tenaga honorer untuk bisa mengikuti tes calon pegawai negeri sipil.

"Tetapi, soal berapa kuota pegawai negeri sipil yang akan diberikan oleh pemerintah, sampai saat ini kami pun belum mengetahuinya," kata Tri.

Namun demikian, lanjut Tri, ia harus melaksanakan surat edaran dari kementerian tersebut, sehingga tenaga honorer K II tidak kehilangan hak mereka untuk bisa mengikuti ujian tertulis.

Hasil pendataan tenaga honorer tersebut kemudian akan diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara untuk dilakukan proses verifikasi.

"Pendataan tenaga honorer K II sebagai salah satu syarat ujian tertulis seperti ini, baru untuk pertama kali ini dilakukan," katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Penatausahaan Kepegawaian BKD Kota Yogyakarta Christy Dewayani mengatakan, sebagian besar tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta berada di bawah Dinas Pendidikan.

"Sekitar 840 tenaga honorer itu adalah guru. Sisanya tersebar di berbagai instansi lain," katanya.

Sedangkan, Ketua Forum Persatuan Honorer Sekolah Negeri Subandi mengatakan, telah mendengar adanya informasi mengenai adanya kemungkinan honorer bisa mengikuti tes CPNS.

"Tetapi, kuota untuk bisa ikut pun cukup kecil. Hanya 30 persen untuk sebanyak 650.000 honorer yang ada di Indonesia. Mungkin hanya ada 20-30 pegawai honorer dari Yogyakarta saja yang bisa ikut," katanya.

Dalam waktu dekat, Subandi mengatakan akan melakukan audiensi dengan Komisi A DPRD Kota Yogyakarta mempertanyakan mengenai data pegawai honorer yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

(E013)