Sleman (ANTARA Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, melakukan pembinaan organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat.

Ketua panitia Edy Sutikno Slamet mengatakan maksud dan tujuan pembinaan ormas dan LSM di Kabupaten Sleman agar  berperan aktif mendukung program pembangunan.

"Tujuannya untuk meningkatkan komunikasi dan harmonisasi antara pemerintah dengan ormas dan LSM sehingga diharapkan mampu menjadi kontrol sosial kontruktif dan program yang sinergis," katanya.

Penceramah terdiri atas Ketua Forum Ormas dan LSM Kabupaten Sleman Achmad Munif, Ketua Forum Ormas dan LSM DIY Beny Susanto, dan  Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Sleman Ardani.

Kepala Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman Ardani mengatakan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh suatu sistem pemerintahan yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas.

"Partisipasi mengisyaratkan bahwa setiap warga memiliki hak yang sama dalam pembuatan keputusan, baik secara langsung maupun melalui intermediasi institusi legitimasi yang mewakili kepentingannya. Transparansi dibangun atas dasar kebebasan arus informasi," katanya.

Menurut dia, proses-proses, lembaga-lembaga, dan informasi secara langsung dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan.

"Informasi harus dapat dipahami dan dapat dimonitor. Sedangkan akuntabilitas terwujud jika para pembuat keputusan dalam pemerintahan, sektor swasta, dan masyarakat bertanggung jawab kepada publik dan para pemangku kepentingan," katanya.

Ia mengatakan, dalam konteks yang demikian peran dari organisasi sosial kemasyarakatan menjadi penting.

"Orsos dan LSM harus mampu memainkan peranan sebagai fasilitator, komunikator, dan motivator masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam agenda pembangunan," katanya.

Sebagai fasilitator, organisasi sosial dan LSM diharapkan dapat menjadi tempat bagi masyarakat mengekspresikan gagasan kreatif dan konstruktif. Sebagai komonikator, maka organisasi sosial dan LSM harus mampu menyampaikan atau mengartikulasikan kepentingan masyarakat kepada pemerintah.

"Organisasi sosial dan LSM harus mampu menyampaikan informasi kebijakan publik kepada masyarakat. Sebagai motivator, suatu organisasi sosial harus mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan swadaya, kemandirian dan partisipasi masyarakat," katanya.



(U.V001)

Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar