Jakarta (ANTARA Jogja) - Artis Edo Kondologit turut bernyanyi menyemangati ribuan pekerja yang berdemonstrasi di bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Selasa, memperingati hari buruh.

"Ini adalah bentuk tanggung jawab saya sebagai seniman terhadap nasib buruh di Indonesia yang kesejahteraannya masih kurang," kata Edo.

Di atas mobil komando Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Edo menyanyikan lagu Tanah Airku bersama para buruh.

Menurut Edo, gaji buruh yang hanya berkisar Rp1,5 juta perbulan sangat tidak layak dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup buruh dan keluarganya.

"Sebanyak 90 persen kekayaan Indonesia ini dikuasai oleh 10 persen saja masyarakat Indonesia. Jadi buruh berhak untuk mendapat kehidupan yang lebih layak," kata dia.

 Pada hari buruh ini, sekitar 125.000 pekerja dari berbagai konfederasi dan serikat di jakarta dan sekitarnya berdemonstrasi di bundaran HI menuju Istana Merdeka dan kemudian Gelora Bung Karno (GBK).

Di GBK, mereka akan membacakan manifesto buruh Indonesia yang berisi enam tuntutan, di antaranya adalah adanya jaminan sosial, penghapusan sistem kerja outsourcing, perbaikan komponen kebutuhan hidup layak, dan subsidi 14 triliun per tahun untuk buruh.
(G005)


    

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar