Jogja (ANTARA Jogja) - Enam mahasiswa profesi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti program pertukaran pelajar ke Thailand.

"Program pertukaran pelajar itu merupakan kerja sama Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan Faculty of Nursing Khon Kaen University, Thailand," kata Ketua PSIK UMY Sri Sumaryani di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan untuk pengembangan proses pembelajaran serta kompetensi keperawatan dan praktik di Rumah Sakit Thailand.

"Program pertukaran pelajar itu pertama kali dilaksanakan karena selama ini mahasiswa dari Thailand yang ke UMY, dan sekarang sebaliknya," katanya.

Ia mengatakan enam mahasiswa tersebut dibagi menjadi dua tim yang terdiri atas "Pediatric Team" dan "Medical Surgical Team".

Dengan pembagian dua tim tersebut, selain memberikan pelayanan perawatan pada pasien leukemia, mereka juga memberikan perawatan pada pasien pengidap diabetes mellitus, patah tulang, dan cedera kepala.

Menurut dia, mereka memberikan perawatan kepada sejumlah pasien anak-anak pengidap leukemia di Srinagarind dan Khon Kaen Hospital Thailand.

"Perawatan yang dilakukan berupa pemberian obat, pelayanan kebutuhan dasar, dan membantu pasien dalam menjalani kemoterapi," katanya.

Ia mengatakan dalam kegiatan pertukaran pelajar itu selain mengikuti program pelayanan keperawatan di rumah sakit, para mahasiswa juga diajak mengenal beberapa budaya di Thailand.

"Salah satunya adalah mengikuti perayaan `Songkran Days` yang merupakan perayaan orang-orang Thailand dalam menyambut tahun baru Thailand," kata Sri.

(B015)

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar