PLN bagi dividen Rp3 triliun

id PLN

PLN bagi dividen Rp3 triliun

PT PLN (Dok Istimewa)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Rapat umum pemegang saham PT PLN (Persero) menyetujui pembagian dividen tahun buku 2011 sebesar Rp3,5 triliun dari laba bersih 2011 sebesar Rp7,139 triliun.

"Kami memberikan dividen kepada pemerintah sebesar Rp3,5 triliun dan sudah disetujui RUPS," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji usai menghadiri RUPS PLN di kantor Kementerian BUMN, Selasa.

Menurut dia, penggunaan laba 2011 selanjutnya untuk cadangan umum perseroan. Namun, ia enggan membeberkan rincian penggunaan cadangan umum tersebut.

RUPS juga menyetujui laporan keuangan tahun 2011 PLN. Menyoal pembahasan penerbitan obligasi global, Nur Pamudji mengaku RUPS tidak mengagendakannya.

PLN juga berencana menggarap sebanyak 149 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Nilai investasi pembangkit ini sekitar 2.500 dolar AS per KwH.

"Terdapat 149 proyek PLTMH ini ada yang sudah masuk ke PLN, dalam proses, konstruksi, maupun baru diajukan ke Kementerian ESDM," tuturnya beberapa waktu lalu.

Saat ini, PLTMH yang sudah beroperasi sekitar 36 MW, yang dikerjakan oleh PLN bersama swasta, kata Nur Pamudji.

Ia juga menjelaskan ada 138 MW yang masih dalam proses konstruksi, 211 masih dalam proses Power Purchase Agreement (PPA) dan belum konstruksi, 766 MW diproses di Kementerian ESDM, serta 125 MW yang baru mengajukan proposal ke PLN. (KR-SSB)