Bengkulu (ANTARA Jogja) - Persatuan olahrga berburu babi Provinsi Bengkulu pada pertengahan Juni 2012 akan menggelar acara adu bagong yang akan diikuti puluhan provinsi di Sumatra dan Jawa.

Acara adu bagong (mengadu kekuatan anjing dan babi hutan dalam kandang) dilaksanakan selama dua hari hingga 16 Juni 2012, kata anggota panitia adu bagong Bengkulu Ateng, Minggu.

Ia mengatakan, kegiatan tahunan itu tidak hanya melakkan acara adu bagong, tapi berburu babi hutan massal di Taman Hutan Raya Rajo Lelo dalam Kabupaten Bengkulu Tengah atau sekitar 20 kilometer dari kota Bengkulu.

Untuk acara adu bagong akan dilaksanakan di kawasan pantai panjang, kota Bengkulu sama dengan tahun lalu, namun pesertanya hanya se-sumatra.

Pada penggelaran 2012 akan diikuti anggota Porbi se- sumatra dan beberapa kota besar di pulau Jawa antara lain Jawa Barat dan Jawa Tengah, ujarnya.

Kapolres Bengkulu AKBP Joko Suprayitno mengatakan, Pihaknya ditunjuk langsung Polda menjadi pelaksana kegiatan dan hingga saat ini semua persiapan sudah mencapai 80 persen.

Agenda lomba adu bagong itu setiap tahun dilaksanakan untuk menarik wisata, terutama bagi anggota Porbi se-sumatra dan Jawa karena acara itu tergolong unik.

Pihak pantia sudah menyediakan puluhan babi hutan berbagai ukuran, shingga dalam acara tersebut disesuaikan dengan ukuran anjing peserta.

Bagi anjing berpostur kecil, akan ditampilkan babi hutan ukuran kecil dan sebaliknya babi hutan ukuran besar akan dilawan anjing besar-besar, hingga mati, ujarnya.
(Z005)

Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar