Balap sepeda - Tony Syarifudin andalan Jateng di PON 2012

id balap sepeda

Balap sepeda - Tony Syarifudin andalan Jateng di PON 2012

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Semarang (ANTARA Jogja) - Pebalap nasional Tony Syarifudin masih menjadi andalan Jawa Tengah untuk menggaet medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, 9--20 September 2012.

Kabid Binpres Pengprov ISSI Jawa Tengah Seno Sudono kepada wartawan di Semarang, Senin, mengatakan bahwa Jateng mengincar dua medali emas dan mengaharapkan Tony masih bisa menyumbangkan salah satu medali emas dari nomor spesialisasinya BMX.

Menurut dia, Tony memiliki prestasi yang bagus, yaitu meraih emas PON 2008 Kalimantan Timur, perak pada kualifikasi PON, serta memperlihatkan konsistensinya pada kejuaraan nasional BMX dan Down Hill di Sumedang, Jabar, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, Jawa Tengah juga mengincar medali emas dari nomor TTT putri karena memiliki tim putri yang andal.

Cabang olahraga balap sepeda Jawa Tengah telah meloloskan 16 atlet pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Riau mendatang.

Pada PON XVII/2008 Kalimantan Timur, Jateng berhasil meraih satu medali emas melalui Tony Syarifudin. "Kami berharap bisa mempertahankan tradisi emas pada PON di Riau mendatang," katanya.

Ia menambahkan, mulai 17 Mei 2012, tim balap sepeda Jateng menjalani latihan di Yogyakarta hingga menjelang keberangkatan ke Riau mendatang.

Menurut dia, dirinya berharap tim balap sepeda, terutama nomor BMX dan down hill, bisa berangkat lebih awal karena mereka perlu menyesuaikan diri dengan venue yang ada di Siak, Riau.

Ia mengatakan, untuk kedua nomor tersebut, keterampilan pebalap sangat menentukan. "Kami mendengar, medan untuk nomor ini sangat mudah bagi semua pebalap dan ini tidak menguntungkan bagi kami," katanya.

Selain Tony Syarifudin, untuk nomor BMX, Jateng masih memiliki Susiwanti yang memiliki prestasi bagus. Pebalap itu meraih perunggu di SEA Games 2011 dan meraih emas pada kejurnas di Sumedang.

(H015)