Bantul, 22/8 (ANTARA) - Masyarakat pesisir Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh bantuan sebanyak 40 kios pada 2012 untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Kios bantuan dari Kementerian Koperasi yang dibangun di kawasan wisata ini akan dimanfaatkan untuk warung makanan dan minuman serta hasil pertanian dan cenderamata," kata Ketua Pokdarwis Pantai Gua Cemara Bantul, Wahadi, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 40 kios bantuan pusat yang dibangun awal tahun ini dimanfaatkan masyarakat pesisir yang dikelola melalui koperasi setempat, di mana ada semacam retribusi bagi yang menempati kios untuk pengelolaan dan perawatan kios.

"Awalnya bantuan kios ini diperuntukkan bagi pokdarwis Pantai Depok, namun dialihkan ke pantai Gua Cemara, karena kelompok di Pantai Gua cemara perlu suatu wadah, karena kan saat ini tempat jualan masih di tepi jalan," katanya.

Ia mengatakan, bangunan kios dengan ukuran tiga kali tiga meter tersebut dibangun semi permanen, yakni dengan memadukan dinding anyaman bambu dengan kaki-kaki cor yang dibuat seperti panggung di atas pasir.

"Sebelum ada bantuan ini, kami juga sudah mengembangkan kios secara mandiri, namun hanya 21 kios. Namun masih belum mencukupi, karena jumlah anggota Pokdarwis pantai sebanyak 131 orang," katanya.

Ia mengatakan, objek wisata Pantai Gua Cemara mulai berkembang sejak 2009 atau mulai dibentuknya kelompok itu karena sejak saat itu banyak wisatawan mulai melirik untuk berkunjung ke objek wisata pantai ini.

Menurut dia, kawasan objek wisata pantai Gua Cemara berada pada lahan kurang lebih seluas 60 hektare yang terbagi dalam lahan pertanian seluas 20 hektare, lahan permainan atau outbond seluas 20 hektare dan sisanya hutan akasia.

"Keunggulan kawasan pantai ini terdapat arena out bond diantara pepohonan cemara udang dan terdapat wisata kuliner, kita dorong kesadaran masyarakat untuk terus menumbuhkan citra kawasan wisata," katanya.

(KR-HRI)

Editor:
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar