Cilacap (ANTARA Jogja) - Arus balik dari arah Yogyakarta menuju Jakarta dan Bandung pada H+3 Lebaran, Kamis pagi, terpantau memadati jalur selatan Jawa Tengah.

Dari pantauan ANTARA di sepanjang jalur selatan Jateng khususnya ruas Rawalo, Kabupaten Banyumas, hingga perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, arus balik tampak didominasi mobil pribadi berpelat nomor Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Kendati demikian, pemudik bersepeda motor juga terpantau masih cukup banyak yang melintas di jalur utama selatan Jateng ini.

Sebagian pemudik yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya terlihat berbelok ke kanan saat memasuki simpang tiga Klapagading, Kecamatan Wangon, Banyumas, guna menuju jalur pantai utara melalui Ajibarang dan Bumiayu.

Sementara pemudik lainnya terutama tujuan Bandung tetap berada di jalur selatan Jateng menuju wilayah Jabar.

Secara umum, arus balik di jalur selatan Jateng antara Rawalo hingga batas Jabar terpantau ramai lancar meskipun di beberapa titik terjadi antrean kendaraan akibat adanya pasar tumpah di Jatilawang dan Tinggaraya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, serta Cilemeuh, Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Selain itu, antrean kendaraan dari arah Yogyakarta juga terjadi di simpang empat Cilopadang, Kecamatan Majenang, Cilacap, akibat adanya pertemuan arus kendaraan dari arah utara atau Salem, Kabupaten Brebes, yang masuk ke ruas jalan nasional ini.

Kendati demikian, pemudik yang memanfaatkan arus balik H+3 Lebaran melalui jalur selatan Jateng khususnya ruas Wangon hingga batas Jabar diimbau untuk hati-hati karena sebagian kondisi jalan masih sempit dan bergelombang serta banyak tikungan tajam.

Sementara itu, kondisi cuaca di wilayah selatan Jateng pada H+3 Lebaran terpantau berawan sehingga pemudik tidak merasa panas selama perjalanan.

Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo memprakirakan kondisi cuaca di wilayah selatan Jateng berpeluang cerah hingga berawan.

"Saat ini masih musim kemarau dan belum terlihat adanya tanda-tanda bakal turun hujan," katanya.
(KR-SMT)

Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar