Jogja (ANTARA Jogja) - Desa Wisata Kalibuntung di Srihardono, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan wisata susur Sungai Opak dan sejumlah wisata air lainnya.

"Jadi, selain bisa menikmati potensi yang ada di desa wisata, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan pedesaan setempat ketika menyusuri sungai Opak dengan gethek (perahu bambu)," kata staf bagian pemasaran Desa Wisata Kalibuntung, Srihardono, Bantul, Eko Yulianto di Bantul, Senin.

Eko yang juga sebagai bendahara kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa wisata ini mengatakan, dengan menyusuri Sungai Opak sepanjang kurang lebih satu kilometer yang melewati desa itu, wisawatan dapat menikmati pemandangan khas pedesaan dan aktivitas disungai seperti pemandian kerbau.

"Wisatawan bisa menggunakan `gethek` yang dipandu masyarakat sadar wisata. Daya tarik ini sebagai bagian dari pengembangan potensi yang bisa dijual yang ada di desa wisata," katanya.

Sekretaris Pokdarwis Desa Wisata Kalibuntung Afiat mengatakan, sesuai namanya desa wisata ini diambil karena di Desa Srihardono ini terdapat sungai kecil atau kali yang sering disebut Kalibuntung karena menurut cerita warga setempat tidak diketahui sumber air dari mana.

"Orang tua dulu pernah menyusuri dari mana asal kali ini, namun tidak ditemukan dari mana, berdasarkan cerita aliran ini berasal dari resapan air hujan. Jadi untuk menjadikan daya tarik maka kita pakai nama itu menjadi desa wisata," katanya.

Ia mengatakan, selain menyusuri Sungai Opak yang berada di sebelah timur desa wisata, wisatawan juga bisa menikmati permainan air di Kalibuntung yang melewati pemukiman penduduk di dusun Tangkil, Desa Srihardono.

"Di Kalibuntung ini wisatawan dapat bermain air dengan gethek juga menaiki perahu dayung untuk menikmati pemandangan aktivitas seperti bercocok tanam baik padi maupun tanaman palawija, karena kali ini dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian," katanya.

Ia mengatakan, desa wisata yang dikembangkan dan dikelola pemuda karang taruna setempat sejak Agustus 2011 ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti gazebo, home stay, komputer internet arena bermain anak yang disedikan dalam paket layanan wisata rombongan.

(KR-HRI)

Editor:
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar