Gunung Kidul (ANTARA Jogja) - Kawasan Pantai Krakal, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan dirombak serta ditambah area parkir dan warung makan.

"Pada 2013, Pemkab Gunung Kidul bekerja sama dengan Provinsi DIY mengalokasikan anggaran untuk pembangunan area parkir di Pantai Krakal. Kami akan asannya, kami anggarkan Rp750 juta dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2012," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunung Kidul Syarief Armunanto di Gunung Kidul, Rabu.

Kata dia, Pemkab Gunung Kidul menargetkan pembebasan lahan dapat selesai hingga 2013. Setelah pembebasan lahan selesai, baru pembangunan area parkir dan sarana pendukungnya.

"Harapannya pada 2013 pembebasan lahan sudah selesai. Kalau 2013 selesai tinggal pembangunan fasilitas yang anggarannya bekerja sama dengan provinsi," kata dia.

Ia mengatakan, penyusun pembuatan perencanaan teknis (DED) dikerjakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Kidul. Saat ini, rencana pengembangan kawasan Pantai Krakal belum sampai ke Bappeda.

"Pembuatan perencanaan teknis (DED) masih dalam proses. Rekan kami dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sedang menyusun DEDnya, seperti apa hasilnya, kami masih menunggu," kata Syarief.

Selain itu, kata dia, Pemkab Gunung Kidul akan menambah pintu masuk menuju objek wisata karena pada hari libur nasional dan libur sabtu dan minggu, pintu ke objek wisata sudah tidak dapat menampung banyaknya kendaraan pengunjung.

"Untuk pintu masuk, akan kami kembangkan menjadi tiga pintu. Karena masa libur nasional dan libur biasa akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Untuk mengantisipasi itu, kami akan menambah satu pintu lagi," kata Syarief.

Sebelumnya Kepala Bidang Pemasarang Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Kidul, Wijang mengatakan intasinya akan melakukan pengembangan pantai Krakal, untuk memecah kunjungan wisata Pantai Baron dan Pantai Pulang Syawal yang saat ini menjadi primadona.

"Rencananya mulai 2013, Pantai Krakal akan dibangun pangung, jogging track dan arena bermain lainnya. Pantai Krakal memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan," kata dia.

Kata dia, Disbudpar juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk melakukan pelebaran jalan menuju objek wisata dan membangun fasilitas penunjang lainnya.

"Kami sadar, objek wisata menjadi sumber utama pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gunung Kidul. Untuk itu, infrastruktur jalan menjadi modal utama untuk mengembangkan objek wisata pantai. Karena semakin bagus infrastruktur jalan, semakin banyak juga pengunjung ke objek-objek wisata," kata dia.

(KR-STR)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar