Disbudpar Bantul benahi Pantai Gua Cemara

id Pantai Gua Cemara

Disbudpar Bantul benahi Pantai Gua Cemara

Kerindangan objek wisata Pantai Gua Cemara Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (ANTARA Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan terus berupaya melakukan pembenahan di objek wisata Pantai Gua Cemara yang kini mulai dikenal wisatawan.

"Upaya perbaikan dan pembenahan terus kita upayakan untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan ke pantai itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo, Sabtu.

Menurut dia, pembenahan kawasan pantai Gua Cemara itu baik meliputi kelengkapan fasilitas maupun sarana dan prasarana serta pelatihan pengelolaan wisata terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

"Untuk menjadikan suatu objek wisata andalan pantai Gua Cemara masih butuh penyempurnaan, dan untuk realisasinya kita melibatkan sejumlah pihak seperti menjalin kemitraan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNMP) Mandiri," kata dia.

Ia menyebutkan, pantai Gua Cemara yang berkembang dan mulai di kenal wisatawan sejak 2010 lalu kini mulai dipasangi jaringan listrik, dan pembangunan sejumlah kios dengan bantuan dari Kementrian Koperasi.

"Bahkan tahun ini kita ada bantuan sebesar Rp100 juta untuk dikelola bersama termasuk pelatihan, perbaikan sarana dan prasarana termasuk penambahan tempat sampah serta perekrutan tenaga kebersihan," kata dia.

Menurut dia, sesuai nama objek wisata, pantai Gua Cemara yang telah banyak tumbuh pohon cemara udang, namun ke depan masih perlu ditambah lagi supaya semakin memperindang kawasan objek wisata.

"Untuk penanaman pohon cemara itu dari Dinas Pertanian dan tergantung kemampuan masyarakat sendiri. Saya melihat ada beberapa gumuk yang belum tertanam, kita berharap bisa ditanami sehingga bisa lebih merata," kata dia.

Terkait infrastruktur jalan menuju kawasan objek wisata Pantai Gua Cemara, kata dia diakui masih perlu penyempurnaan karena jalan masih sempit sehingga tidak mampu menampung volume kendaraan dalam jumlah besar.

"Terutama akses menuju mercusuar, kita berharap mulai tahun depan infrastruktur jalan dipertimbangkan dan diusulkan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul," kata dia.

(KR-HRI)