Bayu Krisnamurthi: masyarakat ingin merasakan keberadaan IPB

id bayu krisnamurthi: masyarakat

Bayu Krisnamurthi: masyarakat ingin merasakan keberadaan IPB

Bayu Krisnamurthi (Foto antaranews.com)

Bogor (ANTARA Jogja) - Calon Rektor Institut Pertanian Bogor Dr Bayu Krisnamurthi mengatakan keberadaan perguruan tinggi ini ingin dirasakan lagi di masyarakat.

"(Suasana) itu yang saya tangkap, baik dari mahasiswa, dosen, pegawai," katanya di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Usai berjalan kaki keliling tempat kos mahasiswa di seputaran Kampus IPB Dramaga, Bayu Krisnamurthi, yang juga Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) itu menegaskan bahwa dalam konteks itu, maka IPB harus terlibat di dalam menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. "Jadi, lebih pada 'outreach' dan 'outward looking',  tidak ke 'inward looking' lagi," katanya.

"Nah, mungkin saya dianggap bias punya kontribusi karena punya pengalaman di luar, sehingga kemudian diusulkan (untuk menjadi calon rektor)," katanya.

Bayu Krisnamurthi, adalah satu dari sembilan calon rektor IPB yang telah dinyatakan lolos oleh panitia pemilihan rektor.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB 2012-2017 Prof Toto Toharmat menjelaskan, pihaknya telah mengantongi sembilan nama bakal calon rektor yang akan mengikuti uji penerimaan para pemangku kepentingan internal IPB pada tanggal 31 Oktober 2012.

"Sembilan nama bakal calon rektor telah diperoleh dari hasil seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh senat akademik (SA) selama empat hari dari 16 hingga 19 Oktober," katanya.

Nama-nama sembilan bakal calon Rektor IPB itu adalah Prof Arie Purbayanto, Dr Asep Saefuddin, Dr Bayu
Krisnamurthi, Prof Herry Suhardiyanto (Rektor IPB saat in), Prof  Indra Jaya, Prof M Syamsul Ma'arif, Prof Muhammad Zairin Junior, Prof Roedhy Poerwanto, dan Dr Sam Herodian.

Sembilan nama calon rektor terpilih itu telah melewati seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh rapat SA IPB. 
Sebelumnya, ada 55 nama bakal calon rektor yang diusulkan oleh unit-unit kerja dan himpunan alumni IPB.

           
                     Perluas kesempatan kerja

Aspirasi kuat lainnya yang dilihat Bayu Krisnamurthi, dan yang sangat kental disampaikan mahasiswa, yakni bagaimana untuk bisa diperluas kesempatan mendapat peluang kerja.

"Atau (kesempatan) berwirausaha, dan dibukakan banyak peluang untuk itu," kata Bayu, yang mengaku baik saat menjabat Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) maupun Wamendag masih mengajar dan membimbing mahasiswa S1, S2 dan S3 itu
   
Lagi-lagi, ia melihat mungkin dengan pengalaman di luar dan "network", serta faktor lain, dirinya mungkin akan bisa membantu untuk itu.

"Jadi, mungkin ada gunanya kalau saya kembali sekarang ke IPB, karena pada akhirnya --entah kapan-- suatu saat pasti saya kembali ke IPB, karena IPB rumah saya," katanya.

Ia mengatakan semua jenjang studinya, mulai dari S1, S2 dan S3 diselesaikannya di IPB, dan sekarang pun dirinya masih menjadi dosen IPB.

"Jadi dengan melihat itu, akhirnya saya menyatakan bersedia dicalonkan dan mengikuti proses yang ada, itu saja motivasi saya (untuk ikut maju dalam pemilihan Rektor IPB), jadi sederhana saja," katanya.

Dalam ajang pemilihan Rektor IPB, Bayu Krisnamurthi diusulkan oleh sejawat dosen yang memiliki hak untuk mengusulkan.
     
(A035)