Klomtan salak pondoh "si cantik" peroleh sertifikat

id salak pondoh

Klomtan salak pondoh "si cantik" peroleh sertifikat

salak pondoh (foto Sleman.oxl.co.id) (foto salak)

Sleman (ANTARA Jogja) - Kelompok Tani salak pondoh organik "Si Cantik" Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh sertifikat pengukuhan Kelas Madya 2012 dari pemkab setempat.

Ketua kelompok tani (Klomtan) salak pondoh organik "Si Cantik" Purwanto Ismaya, di Sleman, Selasa, mengatakan klomtan salak pondoh organik ini berdiri pada 2002 dengan jumlah anggota saat ini 46 orang.

"Sedangkan luas kebun salak pondoh teregister 14,32 hektare, luas kebun salak pondoh bersertifikat organik 7,48 hektare, dengan hasil salak pondoh dari total kebun 19 hektare sekitar 47.500 kilogram per tahun," katanya.

Menurut dia, sertifikat atau piagam pengukuhan yang pernah diterima klomtan "Si Cantik" antara lain pengukuhan Kelas Pemula 2002, Kelas Lanjut 2003, dan Kelas Madya 2012.

"Sedangkan piagam lain yang pernah diterima yakni sebagai Pelaku Holtikultura Berprestasi 2007 kategori Kebun Buah dari Dinas Pertanian Provinsi DIY. Penghargaan Ketahanan Pangan 2007 dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, serta penghargaan Juara I kategori Penyelamat Lingkungan dalam lomba lingkungan hidup 2008 tingkat Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan selain itu Klomtan "Si Cantik" juga meraih piagam penghargaan Juara III Penyelamat Lingkungan Hidup dalam rangka evaluasi Kalpataru 2008 tingkat Provinsi DIY, dan piagam penghargaan sebagai pelaku usaha penerapan jaminan mutu tanaman holtikultura 2009.

Adapun sertifikasi/surat keterangan kebun yang telah diterima Klomtan "Si Cantik" antara lain Register Kebun, Sertfikasi Produk Prima III oleh OKPD Dinas Pertanian DIY, sertifikasi sistem produksi pangan organik oleh lembaga sertifikasi mutu produksi Pertanian Persada.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing dan para penyuluh, karena tanpa bimbingan mereka, kami tidak mungkin akan seperti sekarang ini," katanya.

(V001)