Harga rempah di Yogyakarta stabil

id harga rempah di yogyakarta

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Ilustrasi rempah-rempah (Foto cosmos.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Rabu, relatif stabil, karena selama ini pasokan komoditas itu tidak ada hambatan.

"Selama ini pasokan rempah-rempah lancar, sehingga barang selalu tersedia di pasar," kata pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta, Sulastri.

Selain itu, permintaan konsumen terhadap komoditas itu juga normal sehingga harga rempah-rempah tidak berubah sejak beberapa hari lalu.

Menurut dia, harga lada saat ini masih tetap Rp60.000 per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45.000 per kilogram.

Pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta, Mulyadi mengatakan, harga rempah-rempah tidak mengalami perubahan. Harga masih bertahan di kisaran yang sama dengan beberapa hari lalu.

"Harga lada masih tetap Rp61.000 per kilogram, ketumbar Rp38.000 per kilogram, pala Rp37.000 per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram," katanya.

Ia mengatakan harga rempah-rempah tidak berubah karena pasokan lancar dan persediaan di pasar mencukupi. Persediaan komoditas itu masih dapat memenuhi permintaan atau kebutuhan konsumen.

Selama ini, menurut dia, tidak ada hambatan pasokan rempah-rempah di pasar sehingga barang selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Apalagi, permintaan konsumen terhadap komoditas itu relatif normal.

"Pasokan rempah-rempah cukup lancar dan persediaan mencukupi. Kondisi itu menyebabkan harga rempah-rempah relatif stabil," kata Mulyadi.

(B015)