Jogja (Antara Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Jumat, relatif stabil, karena persediaan mampu memenuhi permintaan.

"Selama ini pasokan tidak ada hambatan dan barang selalu tersedia di pasar, sehingga harga rempah-rempah tidak mengalami perubahan," kata pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta, Mulyadi.

Menurut dia, harga lada masih tetap Rp61.000 per kilogram, ketumbar Rp38.000 per kilogram, pala Rp37.000 per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram.

"Persediaan rempah-rempah di pasar melimpah sehingga konsumen mudah untuk mendapatkannya. Kondisi itu menyebabkan harga tidak berubah sejak beberapa hari lalu," kata Mulyadi.

Pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta Sulastri mengatakan selama ini pasokan rempah-rempah lancar dan permintaan konsumen normal sehingga harga relatif stabil.

"Permintaan masyarakat terhadap rempah-rempah tidak ada peningkatan sehingga harga komoditas tersebut masih bertahan di kisaran yang sama dengan beberapa hari lalu," katanya.

Ia mengatakan harga lada saat ini masih tetap Rp60.000 per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45.000 per kilogram.

Selama ini, menurut dia, pasokan rempah-rempah tidak ada hambatan sehingga barang selalu tersedia di pasar. Permintaan konsumen terhadap komoditas itu juga normal.

"Harga rempah-rempah masih bertahan karena barang yang tersedia di pasar mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen," kata Sulastri.

(B015)

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar