Kulon Progo (Antara Jogja) - Ikatan Sport Sepeda Indonesia Yogyakarta akan menyelenggarakan lomba balap sepeda "Jogja Bicycle Race 2013" seri pertama yang akan berlangsung di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Sabtu (16/2) dan Minggu (17/2) mendatang.

Sekretaris Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Yogyakarta, Drajad Ruswandono di Kulon Progo, Senin mengatakan, kegiatan "Jogja Bicycle Race 2013" bertujuan menemukan bibit atlet sepeda, mempromosikan objek wisata Kulon Progo dan olahraga sepeda kepada masyarakat luas.

"Kegiatan lomba sepeda ini juga dalam rangka mengkapanyekan penguranan polusi di DIY. Tidak dapat dipungkiri, tingkat emisi DIY sangat tinggi. Dengan bersepeda juga diharapkan mampu mengurangi tingkat emisi," kata Drajat.

Menurut dia, cabang olahraga (cabor) sepeda menjadi andalan mendali DIY. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau, cabor sepeda paling banyak menyumbangkan mendali yakni tiga medali emas, dua medali perunggu dan dua medali perak.

"Kami sangat berharap, lomba sepeda yang akan digelar minggu depan, akan melahirkan atlet-atlet lokal pemula dari Kulon progo dan daerah lainnya. Kami berkomitmen akan melakukan pembinaan dan memberikan beasiswa kepada atlet sepeda potensial," katanya.

Ketua Panitia penyelenggara lomba balap sepeda, Teguh Raharjo mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi semakin banyaknya penggemar olahraga sepeda beberapa tahun ini dikalangan masyarakat.

"Kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu upaya mencari bibit-bibit berbakat untuk dapat berprestasi sehingga bisa menjadi duta bagi daerahnya masing-masing dalam kancah nasional,"kata Teguh.

Ia mengatakan, kategori yang diperlombakan yakni kategori lokal DIY untuk "Criterium Race" adalah pemula A usia 13-14 tahun, pemula B usia 15-16 tahun, kadet A usia 9-10 tahun, kadet B usia 11-12 tahun dan open non atlet usia 20 tahun ke atas.

Sedangkan road race meliputi dibawah 23 tahun, junior putra/putri, pemula putra/putri, Master A usia 35-45 tahun, dan Master B usia 46 tahun ke atas.

Sementara pendaftaran untuk peserta lokal DIY kategori kadet A dan B serta pemula A dan B gratis. Untuk setiap seri biaya pendaftaran Rp50 ribu per peserta nomor criterium, Rp100 ribu per peserta nomor road race dan Rp125 ribu per peserta yang mengambil road race dan criterium. Pendaftaran paket untuk lima seri Rp200 ribu per peserta nomor criterium, Rp300 ribu per peserta nomor road race dan Rp500 ribu per peserta road race dan criterium. Biaya tersebut termasuk asuransi jiwa, snack dan souvenir.

"Bagi yang akan mendaftar, silakan datang ke kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulon Progo pada jam kerja," katanya.

(KR-STR)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar