Harga rempah di Yogyakarta stabil

id harga rempah di yogyakarta

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Ilustrasi rempah-rempah (Foto cosmos.com)

Jogja (Antara Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Selasa, relatif stabil, karena barang selalu tersedia di pasar.

"Selama ini pasokan rempah-rempah lancar, sehingga persediaan mampu memenuhi permintaan konsumen," kata pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta, Mulyadi.

Menurut dia, harga lada tetap Rp61.000 per kilogram, ketumbar Rp38.000 per kilogram, pala Rp37.000 per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram.

"Harga itu tidak mengalami perubahan sejak pekan lalu. Harga bertahan karena pasokan lancar, persediaan cukup, dan permintaan relatif stabil," katanya.

Pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta, Sulastri mengatakan harga rempah-rempah relatif stabil karena persediaan di pasar cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Stabilnya harga rempah-rempah juga disebabkan oleh pasokan lancar dan permintaan konsumen terhadap komoditas tersebut tidak ada lonjakan," katanya.

Menurut dia, harga lada tetap Rp60.000 per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45.000 per kilogram.

"Harga itu tidak berubah sejak beberapa hari lalu. Biasanya harga akan naik jika persediaan barang di pasar terbatas karena pasokan tidak lancar, sedangkan permintaan konsumen melonjak," kata Sulastri.

(B015)