Persebaya DU kalahkan Persid Jember 2-0

id sepak bola

Persebaya DU kalahkan Persid Jember 2-0

ilustrasi. antaranews.com (sepak bola)

Surabaya (Antara Jogja) - Tuan rumah Persebaya memperpanjang catatan kemenangan setelah mengalahkan Persid Jember dengan skor 2-0 pada pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat.

Gol kemenangan "Bajul Ijo" masing-masing dicetak Jean Paul Boumsong pada menit ke-25, sekaligus menjadi gol keempatnya dari tiga laga yang sudah dimainkan, dan satu gol lagi dari pemain gaek Uston Nawawi pada menit ke-38.

Kemenangan ketiga secara beruntun ini menjadikan Persebaya untuk memimpin klasemen sementara Grup III dengan nilai sempurna 9.

"Kami bersyukur bisa kembali memetik kemenangan di kandang sendiri kendati sebenarnya bisa menang dengan lebih banyak gol," kata Pelatih Persebaya DU Tony Ho usai pertandingan.

Persid Jember berani tampil menyerang di awal babak pertama dan langsung mengancam lini pertahanan Persebaya, tetapi tendangan Hasan Basori masih menyamping dari mistar gawang Thomas Ryan Bayu.

Titus Junior dan kawan-kawan mampu mengimbangi permainan Persebaya dan kembali melakukan ancaman melalui tendangan bebas Nurul Maulidi yang masih mampu diamankan Thomas Ryan.

Persebaya berbalik menyerang lewat aksi individu Basuki yang menghasilkan hukuman penalti setelah pemain lincah itu dijatuhkan oleh kiper Pujiantoro di kotak 16 meter.

Penyerang asal Kamerun, Boumsong, sukses mengeksekusi tendangan penalti dan membawa tuan rumah memimpin 1-0.

Hanya berselang 10 menit, kapten tim Uston Nawawi yang tidak terkawal di jantung pertahanan, mampu menggandakan keunggulan Persebaya setelah meneruskan umpan Firmansyah yang baru saja masuk menggantikan Basuki.

Beberapa menit jelang babak pertama berakhir, Boumsong hampir mencetak gol keduanya, tetapi bola tendangannya yang terlalu pelan masih bisa dibuang Hendro Wahyu.

Persid harus bermain dengan 10 orang saat laga babak kedua baru berjalan tiga menit setelah Singgih Nur Cahyono mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras terhadap Carvalho.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Persebaya untuk terus menekan lawannya. Akan tetapi, hingga peluit akhir berbunyi, tuan rumah gagal menambah gol dari sejumlah peluang bagus.

         Susunan pemain:
- Persebaya: Thomas Ryan Bayu (pg), Imam Yulianto, Suroso, Carvalho, Angga Pratama, Akbar Rasyid, Srdjan Lopicic, Uston Nawawi/Zaenal Anwar, Ari Priatna/Febri Hamzah, Jean Paul Boumsong, Basuki/Firmansyah.

- Persid: Pujiantoro (pg), Hendro Wahyu, Titus Junior, Yano Mahendra/Firjan, Nurul Mauludi, Rike Manopo, William Kavuma, Singgih Nur Cahyono, M. Chozaeni/Wildan Sudarmanto, Hasan Basori/Feri Firmansyah, Ibnu Suhadak.

(D010)