220 Atlet ikuti

Jogja Bicycle Race 2013 Seri I di Kabupaten Kulon Progo, DIY, berlangsung hari ini dan Minggu (17/2) dari 08.00 WIB sampai selesai. (Foto ANTARA/Mamiek)

Berita Terkait
Kulon Progo (Antara Jogja) - Sebanyak 220 atlet balap sepeda mengikuti "Jogja Bicycle Race 2013" Seri I di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mengambil start di Alun-alun Wates dan finish di objek wisata Waduk Sermo.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Sabtu, mengharapkan "Jogja Bicycle Race Seri I" di Kulon Progo mampu mempromosikan potensi daerah dan objek wisata diwilayah setempat .

"Selain itu, kami berharap akan muncul atlet-atlet baru bidang olahraga sepeda. Selain itu juga menjaga agar badan tetap sehat melalui olahraga sepeda," kata Hasto.

Menurut dia, olahraga sepeda yang ada di Kulon Progo mengalami perkembangan yang luar biasa sehingga pemkab menaruh perhatian terhadap pertumbuhan klub-klub olahraga bersepeda.

"Hal ini sekaligus menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dengan olahraga bersepeda," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Yogyakarta, Drajad Ruswandono mengatakan kegiatan "Jogja Bicycle Race 2013" bertujuan menemukan bibit atlet sepeda, mempromosikan objek wisata Kulon Progo dan olahraga sepeda kepada masyarakat luas.

"Kegiatan lomba sepeda ini juga dalam rangka mengkapanyekan penguranan polusi di DIY. Tidak dapat dipungkiri, tingkat emisi DIY sangat tinggi. Dengan bersepeda juga diharapkan mampu mengurangi tingkat emisi," kata Drajad.

Menurut dia, cabang olahraga (cabor) sepeda menjadi andalan mendali DIY. Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau, cabor sepeda paling banyak menyumbangkan mendali yakni tiga medali emas, dua medali perunggu dan dua medali perak.

"Kami sangat berharap, lomba sepeda ini melahirkan atlet-atlet lokal pemula dari Kulon progo dan daerah lainnya. Kami berkomitmen akan melakukan pembinaan dan memberikan beasiswa kepada atlet sepeda potensial," katanya.

Adapun kategori yang diperebutkan yakni kategori Road Race dengan jarak tempuh 46 kilometer dengan melalui rute start Alun-alun Wates - Dayakan - Milir - Sentolo - Ngeplang - Janti, Nanggulan - Pertigaan Ngringin - Tanjungharjo - Jogja Orautan Center YKAY Paingan Pengasih - depan kantor Kecamatan Pengasih - UNY - Alun-alun Wates - depan Gereja Katolik Wates - SD Punukan dan finish Waduk Sermo.

Sementara pada Minggu (17/2) mulai pukul 08.00 WIB di Alun-alun Wates, lomba kategori Criterium yaitu Road Race jalur pendek tingkat lokal dengan berbagai kategori lomba. Kegiatan ini juga akan dimeriahkan : lomba mewarnai dan melukis anak-anak untuk tingkat TK dan SD, aksi sosial donor darah, atraksi "freestyle" sepeda BMX, atraksi sepeda FIXIE.

(KR-STR)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar