Kulon Progo (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak membuka pendaftaran calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum 2014.

"Kami tidak membuka pendaftaran caleg. Bagi Golkar tidak sulit mencari caleg sebab kader dan loyal pada Partai Golkar banyak, bahkan melebihi kuota sehingga harus dilakukan seleksi," kata Ketua DPD Golkar Kulon Progo Sukarman di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan jumlah kader internal Golkar yang menenuhi persyaratan menjadi anggota legislatif mencapai 84 orang dan 31 orang di antaranya merupakan kader perempuan.

Dari 40 bakal calon legislatif yang akan diusung Golkar, kata Sukarman, terlebih dulu diserahkan ke dewan pertimbangan dan diputuskan dalam rapat pleno anggota DPD Golkar Kulon Progo.

"Mekanisme selanjutnya, caleg yang ditetapkan kemudian diserahkan ke DPD DIY, untuk ditentukan nomor urut," katanya.

Ia mengatakan, syarat caleg yang diusung Golkar yakni memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas (PDL), mempunyai kemampuan intelektual dan mempunyai basis massa atau dukungan dari masyarakat.

"Caleg Golkar memiliki potensi dan memiliki basis massa sangat banyak. Kami optimistis, partai Golkar akan memperoleh banyak suara pada Pemilu 2014," katanya.

Ia mengatakan, biaya kampanye caleg dibagi dalam dua bagian. Biaya kampanye umum seperti spanduk ditanggung oleh partai. Sementara, biaya kampenye pribadi seperti kampanye dengan kesenian jatilan, ketoprak dan lainnya menjadi tanggung jawab caleg yang bersangkutan.

"Partai Golkar tidak mengenal biaya pencalegkan sebab Golkar tidak membuka pendaftaran caleg," katanya.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Golkar Kulon Progo Djuwardi mengatakan caleg Golkar memiliki basis massa di masing-masing daerah pilihan (Dapil) sehingga pada Pemilu 2014 Golkar optimistis mampu mendongkrak perolehan jumlah kursi di DPRD Kulon Progo.

"Kami optimistis perolehan kursi di DPRD Kulon Progo lebih dari lima hasil Pemilu 2009," katanya.

(KR-STR)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar