Harga rempah di Yogyakarta stabil

id harga rempah di yogyakarta

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Ilustrasi rempah-rempah (Foto cosmos.com)

Jogja (Antara Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Senin, relatif stabil, karena pasokan lancar, persediaan di pasar cukup, dan permintaan konsumen normal.

"Harga lada masih tetap Rp61 ribu per kilogram, ketumbar Rp38 ribu per kilogram, pala Rp37 ribu per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram," kata pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta, Mulyadi.

Menurut dia, harga rempah-rempah sejak beberapa hari lalu relatif stabil karena barang yang tersedia di pasar lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

Pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta, Sulastri mengatakan harga rempah-rempah tidak berubah sejak pekan lalu karena pasokan lancar, dan persediaan di pasar cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menurut dia, harga lada saat ini masih tetap Rp60 ribu per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45 ribu per kilogram.

"Harga itu tidak mengalami perubahan sejak pekan lalu. Harga bertahan karena semuanya normal dalam arti pasokan lancar, persediaan mencukupi, dan permintaan tidak ada lonjakan," katanya.

Ia mengatakan harga akan berubah jika ada yang luar biasa, seperti pasokan terlambat lama, persediaan barang di pasar sedikit, dan permintaan konsuman melonjak.

"Namun, selama ini pasokan rempah-rempah tidak ada hambatan, sehingga barang selalu tersedia di pasar. Apalagi, permintaan konsumen terhadap komoditas itu juga normal," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024