Menpora: ISG ditunda hingga Oktober

id menpora roy suryo

Menpora: ISG ditunda hingga Oktober

Menpora Roy Suryo (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo memastikan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ditunda hingga Oktober.

Awalnya ajang kompetisi antar negara Islam itu akan digelar pada tanggal 6-17 Juni 2013 di Pekanbaru, Riau. Namun menjelang pelaksanaan yang semakin dekat, persiapan ISG didera berbagai persoalan baik ketidaksiapan beberapa sarana dan prasarana serta masalah hukum.

"Saya sudah mendapatkan laporan dari KOI, Gubernur Riau Rusli Zainal, dan tim teknis dari Kemenpora. Inti laporannya agar mengundurkan penyelenggaraan ISG dengan beberapa pertimbangan," kata Roy ditemui di Jakarta, Senin.

Roy menyebutkan ada empat poin yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan ISG sebaiknya ditunda. Poin pertama yakni waktu penyelenggaraan yang sudah tidak memungkinkan dengan syarat-syarat teknis dan hukum yang berlaku.

"Misalnya soal adanya lelang atau tender peralatan yang diselenggarakan 45 hari kedepan, berarti kalau diukur dari sekarang maka selesai lelang kemudian saat digunakan waktunya tinggal sepuluh hari lagi. Waktunya terlalu mepet," jelas Roy.

Ia melanjutkan pemerintah juga tidak mau mengubah aturan dengan terobosan seperti penerbitan peraturan pemerintah atau peraturan menteri untuk percepatan ISG karena itu bisa mengakibatkan gugatan.

Selain itu masih ada masalah prinsip dalam penyelenggaraan ISG yang belum ada solusinya hingga saat ini.

"Soal stadion utama untuk pembukaan dan penutupan kita tahu masih ada tunggakan yang belum dibayarkan. Meskipun mekanisme pembayarannya ada, pihak yang mengeksekusi tidak berani memastikan apakah itu bisa dicairkan atau tidak, sehingga ini sangat berbahaya," tambahnya.

Selanjutnya Roy akan meminta kepada panitia lokal dalam hal ini Gubernur Riau yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana daerah ISG agar mengatur semua persiapan untuk pengunduran waktu pelaksanaan ISG.

"Jadi kemungkinan pelaksaan ISG baru bisa dilaksanakan pada Oktober," kata Roy dengan mempertimbangkan kalender untuk bulan Ramadhan dan memperhitungkan terjadinya pergantian pimpinan daerah di Riau pada bulan September.

"Maka pilihan Oktober dirasa tepat karena kalau mundur lagi akan mepet dengan penyelenggaraan SEA Games (Desember 2013 di Myanmar)," tuturnya.

Roy berharap dengan diundurnya pelaksanaan ISG maka persiapan akan menjadi lebih baik dibandingkan memaksakan dengan kondisi yang tidak siap. Namun, ia belum bisa menyebut tanggal pastinya.

 "Untuk tanggal masih akan rapat dengan KOI dan panitia penyelenggara," kata Roy.
(M047)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024