Harga rempah di Yogyakarta stabil

id harga rempah di yogyakarta

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Ilustrasi rempah-rempah (Foto cosmos.com)

Jogja (Antara Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Senin, relatif stabil karena pasokan komoditas itu tidak ada hambatan.

"Selama ini pasokan rempah-rempah lancar sehingga barang selalu tersedia di pasar dan mampu memenuhi permintaan konsumen," kata pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta, Sulastri.

Ia mengatakan, selama ini persediaan maupun permintaan terhadap rempah-rempah relatif normal, sehingga harga komoditas itu tidak berubah.

"Harga akan naik jika persediaan barang di pasar terbatas akibat pasokan tidak lancar, sedangkan permintaan konsumen melonjak," katanya.

Menurut dia, saat ini harga lada masih tetap Rp60 ribu per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45 ribu per kilogram.

Pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta Mulyadi mengatakan, harga rempah-rempah tidak mengalami perubahan. Harga masih bertahan di kisaran yang sama dengan beberapa hari lalu.

Menurut dia, harga lada masih tetap Rp61 ribu per kilogram, ketumbar Rp38 ribu per kilogram, pala Rp37 ribu per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram.

"Harga rempah-rempah tidak berubah karena pasokan lancar dan persediaan di pasar mencukupi. Persediaan komoditas itu masih dapat memenuhi permintaan konsumen," katanya.

Ia mengatakan, selama ini pasokan rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional lancar, sehingga barang selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Apalagi, permintaan konsumen terhadap komoditas itu relatif normal.

"Pasokan rempah-rempah cukup lancar dan persediaan mencukupi. Kondisi itu menyebabkan harga rempah-rempah relatif stabil," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024