Percaya diri anak harus terus ditumbuhkan

id anak

Percaya diri anak harus terus ditumbuhkan

Kegiatan gemar membaca anak-anak (Foto ANTARA/Noveradika)

Sleman  (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengharapkan agar rasa percaya diri anak-anak harus ditumbuhkan dan terus dipupuk sejak dini.

"Kegiatan `story telling` ini sangat positiif untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk berani tampil menunjukkan kemampuan dan kreativitasnya di depan publik," kata Sri Purnomo saat penutupan lomba mewarnai dan "story telling" di Perpustakaan Daerah Sleman, Selasa.

Menurut dia, dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, anak-anak akan dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan lebih optimal.

"Kegiatan ini perlu juga didukung dengan penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung seperti tersedianya buku-buku berkualitas," katanya.

Ia mengimbau, Kantor Perpustakaan Daerah Sleman untuk terus memperbaharui koleksi buku yang dibutuhkan anak-anak sehingga mereka tidak kekurangan referensi.

"Keberadaan perpustakaan di kecamatan dan desa juga perlu diperhatikan dengan menambah kantong-kantong perpustakaaan kecamatan maupun desa agar masyarakat dapat mengakses bahan bacaan dengan mudah dan murah," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, usia kanak-kanak merupakan masa yang paling baik untuk membentuk kepribadian, kecerdasan emosional, kreativitas dan kemandirian anak.

"Bila anak sudah diperkenalkan dengan ajang-ajang pengembangan kreativitas seperti lomba menggambar dan mewarnai ini, saya yakin anak-anak ini akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri," katanya.

Ia mengatakan, melalui lomba menggambar dan mewarnai ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi anak usia dini dan TK untuk mencurahkan kreativitasnya.

"Selain itu, melalui berkesenian seperti menggambar dan mewarnai ini dapat menjadi ajang bagi anak-anak usia TK dan usia pra sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak. Dengan demikian dapat survive dalam segala masalah hidup yang kelak akan mereka hadapi," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024