Aiman dan Yanti terbaik di kejurnas "road race"

id balap sepeda

Aiman dan Yanti terbaik di kejurnas "road race"

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jakarta (Antara Jogja) - Aiman Cahyadi dan Yanti Fuchiyanti yang keduanya penghuni pelatnas Program Indonesia Emas (Prima) menjadi yang terbaik pada kejurnas road race di kawasan Sentul City, Bogor, Minggu.

Meski sebagai penghuni pelatnas Prima yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 Myanmar, pada kejurnas ini Aiman Cahyadi memperkuat tim DKI Jakarta. Sedangkan Yanti Fuchiyanti memperkuat tim Jawa Barat.

Juara Tour de Singkarak 2013 untuk kategori nasional ini mampu menyelesaikan 10 putaran yang masing-masing putaran sejauh 12 km dalam waktu 03.11.51. Posisi kedua ditempati Rastra Patria (Yogyakarta) dengan waktu 03.18.54 dan posisi tiga Warseno (Jawa Tengah) dengan waktu 03.18.54.

Untuk nomor road race putri, peraih medali emas PON Riau yaitu Yanti Fuchiyanti mampu membukukan catatan waktu 02.46.48 setelah menyelesaikan tujuh putaran. Sedangkan posisi dua diduduki Fitriani (Kalbar) dengan waktu 02.46.49 dan posisi tiga Riska Agustin (Yogyakarta) dengan waktu 02.46.50.

"Saya cukup puas dengan hasil ini meski saya tidak mendapatkan saingan yang berarti karena pesertanya hanya tiga pebalap. Hasil ini akan saya jadikan modal untuk 'mencari' tiket SEA Games," kata Yanti Fuchiyanti.

Prestasi Yanti pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang memang cukup bersinar. Pebalap yang saat ini digembleng di Yogjakarta ini mampu merebut satu emas, satu perak dan satu perunggu.  

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Balap Sepeda Tino Latuheru mengatakan pada kejurnas ini belum semua pebalap turun khususnya untuk sektor wanita. Sedikitnya ada delapan pebalap yang mengikuti program "character building".

"Jadwal Kejurnas bertabrakan dengan program "character building" yang diwajibkan bagi setiap atlet oleh manajemen Satlak Prima. Ini memang kurang menguntungkan," katanya.

Sementara itu untuk kategori junior putra pebalap asal Jawa Barat Asep Karyani menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan tujuh putaran dengan catatan waktu 02.18.34. Posisi dua direbut pebalap Jawa Barat lainnya 02.20.07 dan posisi tiga direbut pebalap DKI dengan waktu 02.25.12.

Untuk sektor putri pebalap Jawa Timur finis tercepat setelah menyelesaikan tiga putaran dengan catatan waktu 01.08.50. Sedangkan posisi dua Ayustina dari Jawa Barat dengan waktu  01.08.50 dan posisi tiga Yuni Indah dari Jawa Timur dengan waktu 01.10.26.

Kejurnas balap sepeda di kawasan Sentul City Bogor Jawa Barat selain untuk memantau perkembangan atlet baik yang berada didalam maupun diluar pelatnas juga bertujuan untuk mengumpulkan poin yang didata oleh federasi balap sepeda dunia atau UCI.

B016
    

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024