Distan jamin persediaan daging sapi di DIY

id harga daging sapi

Distan jamin persediaan daging sapi di DIY

Seorang pedagang menunggui daging sapi dagangannya di Pasar Beringharjo, Yogyakarta FOTO ANTARA/Noveradika/12 ()

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin persediaan daging sapi di daerah ini selama tiga bulan ke depan hingga memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri aman.

"Persediaan daging sapi dipastikan aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan dan Idul Fitri," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sutarno di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, rata-rata setiap rumah pemotongan hewan (RPH) di daerah ini memotong sekitar 1.500 hingga 2.000 ekor sapi per bulan, sementara kebutuhan konsumsi daging sapi masyarakat masih di bawah angka tersebut.

"Rata-rata kebutuhan konsumsi sapi masyarakat mencapai 8 ton per bulan, memasuki bulan Ramadan juga tidak jauh berbeda," katanya.

Bukan hanya tercukupi, bahkan menurut Sutarno, Distan DIY siap memasok kebutuhan sapi untuk Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta dan Jawa Barat masing-masing 500 ekor selama Ramadan dan Idul Fitri.

"Sebenarnya kami siap memasok lebih untuk DKI Jakarta dan Jawa Barat. Namun sesuai realisasi pasokan yang telah kami lakukan sebelumnya sebesar 500 ekor setiap bulan mulai Januari 2013," katanya.

Populasi sapi di DIY selama 2013 ditargetkan mencapai 385.000 ekor sapi. Jumlah tersebut meningkat dari jumlah tetap populasi sapi pada 2012 yang mencapai 358.000 ekor.

Distan telah menyiapkan berbagai program peningkatan populasi sapi dalam upaya meningkatkan produksi sapi, antara lain berupa pemberian insentif bagi 16 kelompok peternak sapi bunting dengan total anggaran Rp180 juta serta pemberian bibit atau induk sapi bagi 25 kelompok peternak dengan total 720 ekor sapi.

(KR-LQH)