Petinju Sulsel perkuat Indonesia di Yordania

id tinju

Petinju Sulsel perkuat Indonesia di Yordania

ilustrasi (antarasumsel.com)

Makassar (Antara Jogja) - Petinju asal Sulawesi Selatan Alex Tatontos  akan memperkuat timnas Indonesia pada Kejuaraan Tinju Asia di Yordania, 30 Juni hingga 8 Juli 2013.

Ketua Bidang Pelatnas PP Pertina John Amanupunyo, saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan, selain peraih emas SEA Games 2011 tersebut, pihaknya juga menyertakan tujuh petinju lain yakni Cornelis dan Yulio Bria (Bali), Yulianus Mauk (Jateng), Kusdiono (Jabar), Vingky Montolalu (Sulut), Krisno Sidok (Kalimantan Timur) serta Arnel Daniel.

"Seluruh atlet akan bertolak ke Yordania, Sabtu (29/6) malam. Mereka akan didampingi pelatih Kuba Ernesto Morena serta dua pelatih senior Indonesia yakni Mesak dari Papua dan Ronny asal Jabar," jelasnya.

Menurut dia, keterlibatan petinju di kejuaraan Asia sebagai upaya mematangkan kemampuan dan pengalaman tanding seluruh atlet sebelum tampil di SEA Games Myanmar 2013. Pengalaman tampil di Yordania diharapkan bisa berdampak positif bagi peluang Indonesia pada ajang dua tahunan tersebut.

Langkah Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) mengirimkan delapan petinju terbaiknya, kata dia, juga merupakan program lanjutan untuk lebih meningkatkan kualitas dan mental para petinju.

Mengenai target di Kejuaraan Asia tersebut, pihaknya mengaku tidak membebankan secara khusus. Apalagi keterlibatan atlet tujuan utamanya untuk menimba pengalaman.

Pihaknya juga mengakui jika Ernesto Moreno yang didatangkan beberapa waktu lalu tidak akan maksimal mengingat dirinya baru melatih timnas kurang lebih seminggu.

"Namun peluang kita meraih prestasi disana juga masih cukup besar. Kita juga mengakui lawan yang akan kita hadapi merupakan petinju potensial dari sejumlah negara," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menjelaskan bahwa terpilinya atlet Sulsel merupakan hal wajar karena kualitas yang dimiliki. Pihaknya juga berharap pemanggilan ini semakin meningkatkan motivasi petinju muda lainnya di Sulsel.

KONI Sulsel juga tetap memasukkan cabang olahraga tnju sebagai unggulan peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

"Kita tentu bangga dengan pemanggilan atlet memperkuat timnas. Mudah-mudahan pada kejuaraan nanti bisa meraih hasil terbaik," ujarnya. KR-AKR    

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024