Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menegaskan jika terjadi pembengkakan jumlah negara peserta Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Palembang setelah turunnya Keputusan Presiden (Keppres) baru terkait pelaksanaan pesta olahraga negara Islam itu.

"Sebelumnya jumlah negara yang ikut hanya 25 saja. Tapi saat ini peserta ISG membengkak menjadi 38 negara," kata Menpora di sela "Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kemenpora di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, membengkaknya jumlah peserta ini berkaitan dengan adanya kepastian berupa keluarnya Keppres baru ISG No 23/2013 per Juli lalu yang merupakan perubahan dari Keppres No 15/2012.

Keppres baru ini, kata dia, merupakan dasar hukum untuk pelaksanaan ISG di Palembang. Sedangkan Keppres No 15/2012 merupakan dasar pelaksanaan ISG di Pekanbaru Riau. Namun, pelaksanaan pesta olahraga negara Islam itu dipindah karena belum siapnya sang tuan rumah.

Selain belum siapnya infrastruktur untuk ISG yang sedianya dilakukan 7-16 Juni lalu, pemindahan lokasi ini juga berkaitan dengan status Gubernur Riau Rusli Zainal yang tersangkut kasus hukum.

"Peserta ini berdasarkan laporan dari ISSF mendaftar secara langsung dan beberapa negara lainnya melalui online. Ini menunjukkan perkembangan yang sangat bagus," katanya menambahkan.

Menpora menambahkan, keluarnya Keppres baru ini tidak hanya disambut baik oleh calon peserta tetap juga ISSF. ISSF menilai keluarnya Keppres merupakan salah satu bentuk keseriusan tuan rumah Indonesia untuk menggelar pesta olahraga negara-negara Islam ini.

"ISSF senang karena Indonesia sudah resmi menjadi tuan rumah ISG ke III setelah keluarnya Keppres baru," kata Menpora yang juga seorang ahli telematika itu.

Sesuai dengan rencana ISG 2013 akan mempertandingkan 13 cabang olahraga diantaranya adalah sepak bola, wushu, bola voli, taekwondo, bulutangkis, aquatik, basket, panahan dan tenis.

Pesta olahraga negara-negara Islam ini akan dipusatkan di Kompleks Jaka Baring Sport City Palembang. Namun ada tiga cabang yang digelar luar komplek Jaka Baring yaitu bola voli, wushu dan basket.

Khusus untuk dana, Kemenpora telah menganggarkan sebesar Rp131 miliar. Dana ini berkurang karena terjadi penghematan anggaran disetiap departemen. Kemungkinan besar dana akan mendapatkan dari pemerintah Sumatra Selatan.

Sedangkan negara yang akan terlibat langsung diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Qatar, Iran, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir Kuwait dan Yaman.

(B016)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar