Dahlan: Bulog siap bantu stabilkan harga kedelai

id kedelai

Dahlan: Bulog siap bantu stabilkan harga kedelai

Ilustrasi kedelai (foto agro.kemenperin.go.id)

Semarang (Antara Jogja) - Menteri Badan Usaha Milik Negara  Dahlan Iskan menyatakan Perum Badan Urusan Logistik siap membantu menstabilkan harga kedelai yang melonjak belakangan ini.

"Kedelai sebenarnya bukan urusan Bulog. Tetapi, kalau Bulog ditugaskan ya sanggup," katanya usai halal bihalal dengan petani empon-empon di Taman Djamoe Indonesia, Kabupaten Semarang, Selasa.

Menurut dia, selama ini memang belum ada pembicaraan agar Bulog membantu dalam mengurusi harga kedelai, tetapi sebenarnya bisa saja dilakukan jika ada penugasan dari negara atau pemerintah.

Bulog, kata mantan Direktur Utama PT PLN itu, bekerja sesuai penugasan, sebagaimana penugasan yang diberikan untuk membantu menstabilkan harga daging sapi yang beberapa waktu lalu juga sempat melambung.

"Ya usul saja kepada bupati atau gubernur, nanti biar diproses ke pemerintah. Biar kemudian pemerintah menugaskan BUMN. Sebab, kalau tidak ditugaskan kan akan melanggar penugasan untuk Bulog," katanya.

Yang jelas, Dahlan menyatakan Bulog siap membantu untuk menstabilkan harga kedelai di pasaran jika memang diberikan tugas oleh pemerintah.

"Siaplah (ditugaskan, red.). Daging 'aja' kemarin siap, apalagi kedelai," tegasnya.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah membuat harga kedelai di pasaran naik signifikan bahkan mencapai lebih dari Rp8.500 per kilogram di tingkat pengecer.

(KR-ZLS)