FPKS minta pemkab gunakan anggaran tepat waktu

id PKS

FPKS minta pemkab gunakan anggaran tepat waktu

PKS (Foto pkslowokwaru.files.wordpress.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah setempat untuk mendorong satuan kerja perangkat daerah memanfaatkan anggaran secara jeli dan tepat waktu.

Anggota Fraksi PKS DPRD Kulon Progo Ajrudin Akbar di Kulon Progo, Minggu mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013, belanja daerah mengalami peningkatan Rp104,43 juta dari Rp935,37 juta menjadi Rp1,04 miliar.

"Kami berharap ada perbaikan pengelolaan keuangan di setiap SKPD sebagai pengguna anggaran. Yakni kegiatan yang sederhana, serta program yang tidak banyak anggaran ikutannya harus dikedepankan efisiensi dan efektifitas dalam anggaran yang terjabar," kata Akbar.

Ia mengatakan pos-pos pendapatan dan pengalokasian anggaran yang sudah terencana diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik.

"Kami berharap penyerapan anggaran bisa dipercepat untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dalam perputaran anggaran di masyarakat," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan dana transfer daerah untuk tunjangan sertifikasi guru dari tahun ke tahun terus meningkat. Namun, kata dia, banyak guru yang tidak mendapatkan hak sertifikasi. Untuk itu, FPKS meminta pemkab untuk meninjau ulang dokumen guru sertifikasi.

"Kebijakan pengembalian guru alih fungsi saat ini penempatannya belum semuanya terselesaikan. Mohon segera diselesaikan," katanya.

Ia mengatakan pemkab menganggarakan tunjungan prestasi bagi pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp 1,18 miliar dapat mendorong kedisiplinan dan kinerja pegawai serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"FPKS juga berharap agar penganggaran TPP disiapkan payung hukumnya. Kami menilai dengan disepakatinya pos ini di Perubahan APBD menjadi kewajiban pemkab untuk memberikan kepastian kemampuan penganggaran di tahun-tahun berikutnya," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024