Tour de Siak 'Surga" bagi raja sprint

id balap sepeda tut

 Tour de Siak 'Surga" bagi raja sprint

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Siak, Riau (Antara Jogja) - Perlombaan balap sepeda Tour de Siak 2013 yang digelar pada 13-15 September menjadi ajang pertempuran bagi para "raja" sprint karena absennya kategori tanjakan.

Sejumlah 89 pebalap dari 11 tim nasional dan tujuh tim internasional pada Jumat akan beradu kecepatan dan strategi di etape pertama lomba pada Jumat (13/9) siang.

Sekjen PB ISSI Sofyan Ruzian memperkirakan pebalap spesialis lomba sprint akan merajai balapan dengan total jarak tempuh kurang lebih 450km tersebut.

"Pada Tour de Siak ini para sprinter akan mendominasi, " kata Sofyan Ruzian.

Pebalap tim United Bike Kencana Projo Waseso diramalkan akan menjadi salah satu pebalap yang merajai balapan dengan total hadiah Rp380 juta tersebut.

Projo Waseso adalah pebalap yang mempersembahkan medali emas bagi Kalimantan Timur dari nomor criterium putra PON XVIII Riau 2012.

Sementara itu, pebalap dari tim Pengprov ISSI DKI Jakarta seperti Aiman Cahyadi dan Ryan Ariehaan juga menjadi pebalap favorit untuk memenangi Tour de Siak.

Aiman merupakan pebalap Indonesia terbaik pada gelaran Tour de Singkarak 2013, sementara Ryan merupakan pebalap peraih medali emas dan perak SEA Games Palembang 2011.

Terdapat lima lomba sprint pada tiga etape Tour de Siak.

Etape pertama memiliki satu lomba sprint pada  km 54, sementara etape kedua mempunyai dua lomba sprint yaitu pada km 51 dan km 104.

Dua lomba sprint terakhir berada di etape terakhir pada km 94 dan km 147.

Sementara itu, Sofyan mengatakan pebalap nasional yang membela tim Translibas Cycling Sidoarjo Tonton Susanto, yang merupakan spesialis tanjakan, diperkirakan akan menghadapi tantangan berat pada balapan sprint.

"Yang patut diwaspadai antara lain pebalap tim Eddy Hollands, Thailand dan Singapura. Selain itu, tim United Bike juga merupakan tim yang tangguh, " kata Pebalap Ryan Ariehaan.

Pebalap akan start Etape pertama pada Jumat (13/9) pukul 14:00 WIB di depan Istana Siak.

(T.A059)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024