Menhan: AU akan miliki 18 pesawat Grob

id menhan

Menhan: AU akan miliki 18 pesawat Grob

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara akan memiliki 18 pesawat latih jenis Grob G120TP-A buatan Jerman, kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

"Ke-18 pesawat latih itu akan datang secara bertahap. Saat ini empat pesawat latih itu telah tiba di Yogyakarta," katanya pada serah terima empat pesawat latih Grob G120TP-A di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Jumat.

Setelah empat pesawat latih Grob G120TP-A tersebut tiba di Yogyakarta, katanya, selanjutnya akan datang lagi enam pesawat pada akhir 2013, dan delapan pesawat akan datang pada awal 2014.

"Dengan demikian, pada 2014, sebelum kabinet sekarang berakhir, TNI Angkatan Udara (AU) total memiliki 18 pesawat latih Grob G120TP-A untuk menggantikan pesawat latih AS-202B Bravo dan T-34C Charlie," katanya.

Ia mengatakan 18 pesawat yang dibeli dari Jerman tersebut total seharga 72 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Pengadaan pesawat itu sesuai dengan program TNI AU untuk meremajakan alat utama sistem senjata (alutsista) termasuk pesawat latih.

"Pengadaan pesawat latih itu merupakan realisasi kesepakatan pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jerman hingga 2014. Pengadaan pesawat latih itu untuk peremajaan alutsista TNI AU," kata Purnomo.

Menurut dia, pesawat latih Grob G120TP-A itu memperkuat jajaran Skadik 101 Lanud Adisutjipto.

Penempatan itu, katanya, didasarkan atas pertimbangan taktis dan strategis untuk menjaga dan melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pengadaan pesawat latih itu merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan TNI yang dirancang dalam waktu 15 tahun. Pada 2014 kekuatan TNI AU akan bertambah cukup signifikan," kata Purnomo.


(B015)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024