Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedang melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 calon anggota KPU Kabupaten Bantul periode 2013-2018.

"`Fit and proper test` (uji kelayakan dan kepatutan) calon anggota KPU Bantul akan berlangsung hingga 9 Oktober 2013, dan selanjutnya ditentukan lima nama yang terbaik," kata Komisioner KPU DIY Nur Huri Mustofa di Bantul, Kamis.

Mantan anggota KPU Bantul periode 2008-2013 yang belum lama dilantik ini mengatakan uji kelayakan dan kepatutan itu untuk me-"review" kompetensi calon anggota KPU Bantul, serta menegaskan dan mengkompilasi sesuai catatan dari tim seleksi.

"KPU DIY akan mewawancarai mereka seputar kepemiluan, manajemen pemilu, integritas dan independensi, serta kepemimpinan calon anggota KPU Bantul yang merupakan hasil tim seleksi," katanya.

Ia mengatakan, selain menentukan lima nama yang terbaik, KPU DIY juga menetapkan nomor urut anggota KPU Bantul terpilih periode 2013-2018, untuk selanjutnya dilantik pada 24 Oktober mendatang.

"Pelantikan anggota KPU kabupaten se-DIY akan dilakukan serentak pada 24 Oktober, jadi selain dari Bantul, kami juga sedang melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU kabupaten lainnya," katanya.

Kesepuluh calon anggota KPU Bantul yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan tersebut adalah´┐ŻArif Widayanto (swasta), Didik Joko Nugroho (swasta), Fauzan Iryanto (dosen), Muhammad Johan Komara (wiraswasta), Nuril Hanafi (swasta).

Kemudian Nuruddin Latif (anggota KPU Bantul), Supardi (Ketua Panwaslu Bantul), Syacruddin (anggota Panwaslu Bantul), Titik Istiyawatun Khasanah (swasta), dan Walijo (karyawan swasta).

(KR-HRI)

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar