Pelajar SMP tewas terseret ombak Pantai Baron

id Pantai Baron

Pelajar SMP tewas terseret ombak Pantai Baron

Objek wisata Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati pengunjung. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Seorang pelajar Kelas III SMP Negeri 2 Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Toni Saputra, tewas terseret obak saat berenang di Pantai Baron pada Rabu sore.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, korban bersama tiga temannya sesama siswa SMP Negeri 2 Semanu, bermain air di sekitar Pantai Baron.

Oleh petugas SAR, korban sudah diingatkan supaya tidak bermain air terlalu ke tengah karena kondisinya sedang abrasi sehingga cukup dalam.

Namun peringatan tersebut oleh keempatnya tidak diindahkan. Korban malah berenang ke tengah lautan dan tiba-tiba terseret ombak. Ketiga temannya berhasil menyelamatkan diri, ketika ombak datang menghantamnya.

Hanya saja identitas ketiga siswa selamat itu belum diketahui, karena setelah kejadian langsung melarikan diri. Jenasah korban berhasil ditemukan tim SAR Pantai Baron selang satu jam setelah kejadian. Korban berhasil ditemukan dari kedalaman air laut pinggir Pantai Baron sedalam lima meter dengan menggunakan alat pancing.

Sekretaris Tim SAR Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan korban terlambat menyelamatkan diri ketika dirinya mandi di kawasan Pantai Baron.

"Waktu kejadian sebenarnya ada empat anak yang mandi di kawasan Pantai Baron itu. Tetapi ketika ombak datang yang tiga anak berhasil menyelematkan diri, tetapi korban terburu ditelan ombak dan kita temukan sudah tewas," kata Surisdiyanto.

Ia mengatakan pencarian korban sempat terkendala kondisi cuaca yakni tingginya ombak, dan petugas menggunakan teknik pancing untuk mencari korban. "Kedalaman air saat itu berkisar 4-5 meter," kata dia.

Setelah dievakuasi korban langsung dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis dan disimpulkan korban meninggal karena kecelakaan langsung diserahkan ke pihak keluarga.

(KR-STR)