KPU Kulon Progo terima template

id kpu kulon progo

KPU Kulon Progo terima template

Ilustrasi (Foto Antara)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menerima template yang merupakan alat bantu bagi penyandang tuna netra pada pencoblosan Pemilu 9 April.

Divisi Logistik, Perencanaan dan Pemilu KPU Kulon Progo Budi Priyanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan braille tamplate ini baru DPD, sedangkan template DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten belum diterima.

"Template untuk tuna netra kami terima hari ini, pada 11.00 WIB dengan jumlah 990 lembar. Nanti, setiap tempat pemungutan suara (TPS) mendapat satu lembar," kata Budi.

Ia mengatakan template untuk DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten pengadaanya dilakukan oleh KPU DIY. Jumlah surat suara untuk jenis ini disesuaikan dengan jumlah penyandang tuna netra di Kulon Progo.

"Berdasarkan pendataan oleh petugas, di Kulon Progo terdapat 45 orang penyandang tuna netra. Sehingga, surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD masing-masing 45 lembar," kata dia.

Dia mengatakan braille tamplate memang didesign khusus sehingga penyandang tuna netra yang sudah biasa membaca huruf braille bisa terbantu untuk menentukan pilihannya denhan adanya nomor-nomor dengan huruf braille.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bagi tuna netra yang tidak bisa membaca huruf braille dapat didampingi oleh salah satu keluarga, saksi atau petugas KPPS.

"Pendamping tersebut harus mengisi formulir C3 yakni surat pernyataan akan menjaga kerahasiaan yang menjadi pemilihan yang bersangkutan," kata dia.

Selain tamplate, lanjut dia, pihaknya jug telah menerima logistik berupa segel dan hologram. "Segel dan hologram sudah diterima pada Minggu (16/3)," katanya.

Sebelumnya ia mengatakan KPU Kulon Progo telah menerima formulir seri C hingga DB untuk DPR dan DPD.

"Formulir seri C hingga DB baik untuk DPD, DPR, DPRD provinsi dan kabupaten, pengadaannya dilakukan oleh KPU pusat," kata Budi.

Ia mengatakan KPU Kulon Progo masih menunggu formulir untuk jenis sama, tapi untuk DPRD provinsi dan kabupaten.

"Kami tidak tahu, alasan formulir C hingga DB ini tidak serentak dikirim. Tapi, yang jelas formulir akan diterima sebelum pendistribusian logistik pada 7-8 April 2013," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024