Sleman miliki saka pariwisata

id sleman, saka pariwisata

Sleman miliki saka pariwisata

Kabupaten Sleman (dok istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memiliki Saka Pariwisata untuk mendidik generasi muda yang berkualitas sekaligus mendukung dan mengoptimalkan pemasaran pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu, mengatakan pramuka merupakan akar budaya yang kuat.

Sehingga dalam hal ini Saka Pariwisata dinilai merupakan program yang strategis dalam upaya memotivasi dan memberikan penyadaran kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk menjadi generasi yang berkualitas.

"Fenomena negatif akibat arus globalisasi yang berupa dekadensi moral pada generasi muda harus menjadi penekanan tersendiri untuk dicarikan solusi dari berbagai pihak, sehingga diharapkan generasi muda di Kabupaten Sleman kedepan dapat menjadi generasi yang memiliki jati diri yang kuat," ucapnya.

Menurut dia, dengan memiliki jati diri yang kuat generasi muda akan memiliki "filter" yang selektif terhadap berbagai pengaruh global.

"Upaya tersebut dilakukan melalui sektor pariwisata sehingga akan mendatangkan dampak ganda yaitu untuk pembinaan generasi muda sekaligus untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman," tuturnya.

Ketua Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Sleman Agus Soesilo Endiarto mengajak kepada jajaran Majelis Pembimbing maupun Pimpinan Saka Pariwisata untuk segera menyusun program kerja yang jelas dan realistis.

"Tidak perlu program muluk-muluk, yang terpenting dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan memberikan dampak yang positif terhadap misi yang diembannya," katanya.

Menurut dia, kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dilakukan diharapkan didasarkan pada komitmen nurani untuk membangun bangsa.

"Dari Sleman diharapkan dapat membangun dan memberikan kontribusi positif terhadap keistimewaan DIY, dari DIY diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap bangsa Indonesia dengan cara-cara yang cerdas," ujarnya.

Agus mengatakan, jajaran Pramuka di Kwarcab Sleman hingga saat ini telah memberikan fasilitasi dalam pengembangan terhadap empat bumi perkemahan, yaitu bumi perkemahan Sambirejo Prambanan, Sumberarum Moyudan, Nganggring Girikerto, dan Purwobinangun Pakem.
V001
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024