Pemutakhiran data kependudukan Kota Yogyakarta selesai Agustus

id pemkot

Pemutakhiran data kependudukan Kota Yogyakarta selesai Agustus

Pemda Kota Yogyakarta (Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Proses pemutakhiran data kependudukan di Kota Yogyakarta ditargetkan selesai Agustus 2014 sehingga pada saat itu data kependudukan akan lebih valid dibanding data sebelumnya.

"Pemutakhiran data kependudukan ini akan meliputi sejumlah elemen data mulai dari kepemilikan akta, pendidikan, jenis jaminan kesehatan yang dimiliki hingga pekerjaan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarya Deddy Feriza di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, data kependudukan yang akan dimutakhirkan tersebut adalah data per 28 Maret. Pemutakhiran akan dilakukan dengan menyebar formulir ke seluruh wilayah Kota Yogyakarta mulai pekan ketiga April.

Deddy berharap, seluruh data dari masyarakat tersebut sudah dapat dimasukkan dalam basis data kependudukan mulai pertengahan Juli sehingga pada Agustus sudah ada data kependudukan yang lebih valid.

"Data kependudukan yang kami miliki sekarang tentu sudah tidak akan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, maka perlu dilakukan pemutakhiran," ucapnya.

Ia menambahkan, hasil pemutakhiran data kependudukan tersebut jug akan digunakan sebagai dasar pembuatan profil Kota Yogyakarta. "Pemerintah akan mengetahui secara pasti kondisi penduduknya, berapa yang sudah memiliki akta kelahiran, bagaimana tingkat pendidikan warga, termasuk akses jaminan kesehatannya," tuturnya.

Di dalam proses pemutakhiran data tersebut, juga akan diminta data nomor telepon kepala keluarga sehingga dinas bisa melakukan klarifikasi secara langsung apabila ada data yang dirasa meragukan.

Deddy meyakini, masyarakat dapat dengan mudah mengisi formulir pemutakhiran kependudukan yang disebarkan karena warga tinggal memilih kolom sesuai kondisi yang sebenarnya. "Misalnya, untuk jenis pekerjaan, kami sudah siapkan 81 item pekerjaan yang bisa dipilih dengan mudah," ujarnya.

Pemutakhiran data kependudukan terakhir kali dilakukan pada 2012, namun hanya dilakukan untuk domisili kependudukan. Dari hasil pemutakhiran pada Mei 2013 tersebut diketahui ada sekitar 26.000 penduduk Kota Yogyakarta yang tidak lagi berdomisili di kota tersebut.

Saat ini, jumlah penduduk Kota Yogyakarta tercatat sekitar 407.000 jiwa dari 124.000 kepala keluarga.

  T.E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024