Menag: umat Hindu diharapkan peroleh motivasi baru

id menag: umat hindu

Menag: umat Hindu diharapkan peroleh motivasi baru

Menteri Agama Suryadharma Ali (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Menteri Agama Suryadharma Ali mengharapkan momentum perayaan Nyepi tahun Caka 1936 atau 2014 dimanfaatkan umat Hindu untuk memperoleh motivasi dan semangat baru dalam meningkatkan kualitas hidup.

"Perayaan Nyepi tahun ini mengambil tema `Dengan melaksanakan dharma negara kita wujudkan harmoni nusantara`. Tema ini dapat diimplemantasikan dalam meningkatkan dharma bakti negara dalam meningkatkan kesejaheraan masyarakat," kata Suryadharma Ali pada perayaan Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Wisnu Prambanan, Minggu.

Menurut dia, saat ini para pimpinan dan tokoh agama sedang giat memperkokoh kerukunan dan harmoni antarmasyarakat dan alam semesta.

"Tidak ada pembangunan tanpa kerukunan, tidak ada persatuan tanpa kerukunan. Harmoni merupakan jawaban atas peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan dharma negara tersebut juga diwujudkan dengan memberikan yang terbaik untuk negara dan salah satunya ikut mensukseskan agenda besar negara yakni Pemilu Legislatif dan juga Pemilu Presiden 2014. "Dharma ini dapat dilakukan dengan ikut memberikan suara dan tidak golput pada Pemilu 2014," katanya.

Perayaan Tawur Agung ini diikuti ribuan umat Hindu dari Jawa Tengah, DIY dan beberapa daerah lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Bupati Klaten Jawa Tengah.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024