Wiranto janjikan caleg Hanura bersih dari korupsi

id wiranto janjikan caleg

Wiranto janjikan caleg Hanura bersih dari korupsi

Partai Hanura (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura Wiranto menjanjikan semua calon anggota legislatif yang diusung partainya untuk maju dalam Pemilu 9 April mendatang bersih dari korupsi.

"Seperti kita amati, bahwa Partai Hanura masih dinyatakan partai yang paling bersih di antara partai lain. Itu karena kader partai menggunakan hati nurani," kata Wiranto dalam kampanye terbuka di Lapangan Pendowoharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Calon presiden (capres) dari Partai Hanura ini mengatakan semua caleg partainya telah dibekali dengan hati nurani dan sudah berjanji di hadapan simpatisan serta kader, sehingga layak menjadi jadi pilihan pada 9 April mendatang. "Pilihlah calon pemimpin yang telah dibekali dengan hati nurani," ucap Wiranto.

"Kalau mereka korupsi maka siap dimundurkan oleh rakyat. Kalau korupsi siap dimiskinkan dan bila perlu ditembak mati," kata Wiranto dilanjutkan dengan bertanya kepada caleg-caleg Hanura untuk berjanji agar tidak korupsi jika terpilih nanti.

Wiranto mengatakan, korupsi yang dilakukan para pejabat sangat merendahkan harga diri bangsa, akibatnya saat ini Indonesia belum dihargai di mata dunia, bahkan mengalami ketertinggalan dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Oleh sebab itu, kata mantan Panglima TNI ini, segala macam bentuk korupsi harus ditangani dengan serius agar tidak semakin merugikan masyarakat dan mempermalukan Indonesia di mata dunia.

"Kita jadi `nggak` terhormat, korupsi juga pasti menghambat pembangunan sehingga membuat Indonesia tertinggal dari negara lain meski sudah 69 tahun merdeka," katanya.

Menurut Wiranto, dari 34 gubernur se-Indonesia, 18 di antaranya terlibat korupsi, sementara dari 494 bupati/wali kota, lebih dari 138 orang terjerat kasus korupsi. Maka hal utama yang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi Indonesia saat ini dengan memperbaiki akhlak dan moral para petinggi negara.

"Mereka yang memegang jabatan negara juga jangan `dobel` memegang jabatan partai politik, karena menjadi `nggak` fokus. Harusnya kalau sudah diberi mandat rakyat, ya harus konsen memperhatikan rakyat," katanya.

Kampanye terbuka Partai Hanura dengan juru kampanye nasional Wiranto yang dihadiri para caleg DPRD kabupaten/provinsi DIY dan ribuan simpatisan itu dimeriahkan dengan hiburan gratis berupa musik campursari.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024