KPU Bantul tunggu kiriman surat suara pengganti

id kpu bantul tunggu

KPU Bantul tunggu kiriman surat suara pengganti

Kantor KPU Kabupaten Bantul (Foto jogja.antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menunggu pengiriman sekitar 19 ribu surat suara pengganti dari percetakan yang ditunjuk KPU pusat sehingga dapat digunakan pada pemungutan suara 9 April 2014.

"Surat suara yang rusak sudah kami kirimkan ke KPU DIY untuk dilaporkan ke pusat agar ada diganti, namun hingga kini kami masih menunggu kirimannya," kata Komisioner KPU Bantul, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Arif Widayanto, Kamis.

Menurut dia, jumlah suara suara yang diajukan agar diganti karena rusak dan kurang sekitar 19 ribu lembar, yang meliputi empat jenis surat suara yakni Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten dan provinsi, DPD dan DPR RI.

Ia mengatakan, sebelumnya dijadwalkan surat suara pengganti untuk memenuhi total kebutuhan KPU Bantul sekitar 2,9 juta lembar tersebut dikirimkan pada 1 April lalu, akan tetapi karena suatu hal rencana itu belum direalisasikan.

"Kami tidak tahu kenapa, namun begitu kami tidak khawatir kekurangan waktu, karena proses pelipatan surat suara tetap bisa diselesaikan sebelum hari H, kalau melihat ritme kinerja tenaga pelipat selama pelipatan kemarin, 19.000 surat suara bisa rampung satu hari," katanya.

Ia mengatakan, setelah menerima surat suara pengganti dan menyelesaikan proses sortir dan pelipatannya, maka KPU mulai melakukan distribusi alat kelangkapan dan logistik termasuk surat suara ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) berjumlah 2.295 tempat.

"Untuk setting alkap (alat kelengkapan) sudah selesai tingga didistribusikan, kami rencanakan mulai 5 April alkap dan logistik pemilu mulai didistribusikan ke desa-desa, yang kemudian dari desa ke masing-masing panitia pemungutan suara (PPS)," katanya.

Berbagai alat kelengkapan dan logistik pemilu, kata dia antara lain lampiran daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif, alat tulis kantor (ATK), alat coblos dan bantalan, surat suara dan kotak suara, berita acara dan segel yang nantinya digunakan usai penghitungan.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024