PDI Perjuangan Kulon Progo peroleh sembilan kursi

id PDIP

PDI Perjuangan Kulon Progo peroleh sembilan kursi

DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, yang berada di samping Pasar Gawok, Kecamatan Wates. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengklaim memperoleh sembilan kursi untuk DPRD tingkat kabupaten.

Sekretaris penghitungan cepat DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, Tantri, di Kulon Progo, Kamis, mengatakan berdasarkan penghitungan manual dari saksi calon anggota legislatif (caleg) perolehan kursi PDI Perjuangan meningkat dari tujuh menjadi sembilan kursi.

"Hasil perolehan suara PDIP sudah sesuai prediksi awal. Semula, kami menargetkan minimal 10 kursi atau setiap daerah pemilihan (dapil) dua kursi. Kami tetap mensyukuri atas sembilan kursi yang sudah diperoleh meski belum diumumkan secara resmi oleh KPU Kulon Progo," kata Tantri.

Dia mengatakan perincian perolehan kursi yakni dapil satu yang meliputi Kecamatan Wates, Panjatan dan Temon memperoleh empat kursi atas nama Edi Priyono, Aris Syarifudin, Aji Pangaribawa dan Akhid Nuryati. Dapil dua meliputi Kecamatan Kokap dan Pengasih memperoleh satu kursi yakni Agus Widya Setiawan.

Tantri menambahkan dapil tiga meliputi Kecamatan Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang memperoleh dua kursi yakni Wiwin Windarto dan Keksi Wuryningsih. Dapil empat meliputi Kecamatan Nanggulan dan Sentolo memperoleh satu kursi atas nama Yuliantoro. Untuk dapil lima meliputi Kecamatan Lendah dan Galur juga memperoleh satu kursi atas nama Ridwan Heri.

"Dari sembilan caleg yang terpilih menjadi anggota dewan memiliki mayoritas berlatar belakang mantan kepala desa, aktivis dan petahana. Pengurus internal PDIP belum ada yang lolos," kata Tantri.

Ia mengatakan mesin politik PDI Perjuangan telah bekerja dengan baik. Mereka bahu-membahu memenangkan caleg PDIP di masing-masing dapil.

"Caleg secara intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga di pelosok-pelosok. Meski perolehan suara atau kursi belum maksimal, tapi adalah hasil kerja tim yang solid," kata dia.

(KR-STR)