PDIP klaim amankan 10 kursi DPRD Kota Yogyakarta

id PDIP

PDIP klaim amankan 10 kursi DPRD Kota Yogyakarta

PDIP (dok istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Yogyakarta mengklaim dapat mengamankan 10 kursi di lembaga legislatif setempat berdasarkan penghitungan awal yang dilakukan partai bernomor urut empat itu.

"Dari penghitungan sementara yang masuk, tiap-tiap daerah pemilihan bisa menyumbang dua kursi di DPRD Kota Yogyakarta," kata Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Kota Yogyakarta Danang Rudiatmoko di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, DPC PDIP Kota Yogyakarta masih terus menantikan data penghitungan suara secara utuh sehingga bisa menghitung sisa suara.

Ia mengatakan, meskipun sisa suara tersebut masih harus diperbandingkan dengan suara dari partai politik lain, namun partai meyakini bisa menambah dua kursi lagi di lembaga legislatif Kota Yogyakarta.

"Hasil pemungutan suara pada Pemilu Legislatif tahun ini lebih baik dibanding hasil yang diperoleh lima tahun lalu," katanya.

Pada 2009, PDIP dapat mengajukan 11 wakilnya untuk duduk di DPRD Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional dan Partai Gerakan Indonesia Raya Kota Yogyakarta juga menyatakan bahwa raihan suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif 2014 di Kota Yogyakarta diraih oleh PDIP berdasar data dari masing-masing partai.

Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan meskipun PDIP unggul, namun raihan suara PAN tidak terlalu jauh berbeda.

"Dari rata-rata hasil penghitungan di berbagai wilayah, PAN berada di bawah PDIP dengan selisih yang tidak terlalu jauh," katanya.

Namun demikian, ia belum dapat memperhitungkan secara pasti jumlah kursi yang berhasil diamankan berdasarkan penghitungan suara di wilayah.

"Data dari tim belum dikumpulkan semua, baru sekitar 15 persen karena banyak yang masih harus memantau rekapitulasi di Panitia Pemungutan Suara (PPS)," katanya.

Sementara itu, dari hitung cepat yang dilakukan DPD Partai Gerindra DIY dengan sampling 2.500 tempat pemungutan suara diperoleh hasil bahwa partai berlambang kepala burung garuda tersebut memperoleh 17 persen suara.

(E013)

Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024