Pemkab kembangkan Waduk Sermo untuk wisata air

id pemkab kembangkan waduk

Pemkab kembangkan Waduk Sermo untuk wisata air

Waduk Sermo di Kulon Progo (Foto mpkd.ugm.ac.id)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengembangkan Waduk Sermo sebagai pusat wisata air di wilayah ini.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Selasa, mengatakan dirinya telah melakukan komunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) selaku pengampu kawasan Sermo untuk rencana pengembangan Waduk Sermo.

"Berdasarkan komunikasi dan pertemuan dengan pengelola BBWSSO, Waduk Sermo harus dijaga secara keseluruhan, tidak boleh ada pencemaran apapun," kata Hasto.

Ia mebgatakan Waduk Sermo tidak boleh untuk pengembangan keramba, restoran apung. BBWSSO mengarahkan pengembangan Waduk Sermo harus ramah lingkungan dan alamiah.

Selain itu, pihak BBWSSO berpesan Waduk Sermo tidak boleh tercemar modernisasi seperti ruko dan hotel.

"Kami memiliki gagasan supaya BBWSSO tetap memberikan izin yakni perahu tanpa mesin yang didalamnya ada restoran dan tidak mencemari Waduk Sermo," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan Pemkab Kulon Progo akan membuat moda transportasi dari tempat transit atau pemberhentian menuju Waduk Sermo yang ramah lingkungan.

Rencananya, kata Hasto, pemkab juga akan membentuk pasukan pengaman yang bertugas mengawasi kebersihan lingkungan Waduk Sermo dan sekitarnya. Mereka akan mengenakan pakaian khusus, seperti di objek wisata di Eropa.

"Rencana ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Waduk Sermo. Ke depan, Waduk Sermo memiliki ciri khas sebagai objek wisata," kata Hasto.

Ia mengatakan dalam waktu dekat, Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) akan mengadakan berbagai kegiatan. Yakni sepeda gembira, atraksi-atraksi seni, serta menikmati film layar terapung yang ditonton dari pinggir waduk.

"Pertunjukan film semacam itu sudah sering digelar di beberapa negara dan kami coba aplikasikan di sini. Jadi, nanti pengunjung Sermo bisa datang dan menyaksikan film itu dari pinggir waduk," kata Hasto.

(KR-STR)