Sleman serahkan bantuan untuk korban Gunung Kelud

id pemkab sleman kelud

Sleman serahkan bantuan untuk korban Gunung Kelud

Pemkab Sleman (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kali kedua menyerahkan bantuan bagi para korban bencana erupsi Gunung Kelud di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Penyerahan bantuan langsung diwakili Kepala BPBD Kabupaten Sleman Julisetiono Dwi Wasito yang didampingi Kepala Dinas Nakersos Untoro Budiarjo," kata Kabag Humas Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti, Kamis.

Menurut dia, bantuan tersebut berupa perlengkapan pakaian antara lain baju, handuk, pakaian dalam, dan juga bantuan berupa uang senilai Rp100 juta khusus untuk pembelian pipa peralon.

"Pengiriman bantuan dikoordinir Kepala BPBD Kabupaten Sleman dengan tidak membawa bantuan material berupa peralon dari Sleman, tetapi peralon dibelanjakan penerima bantuan di Malang," katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Sleman Julisetiono Dwi Wasito mengatakan, bantuan pakaian yang berupa kain jarik sebanyak 300 lembar, kaos anak 50 dosin, kaos dewasa 50 dosin, kaos krah 30 dosin, selimut lurik 500 potong.

"Kemudian mukena 240 potong, celana dalam dewasa 50 dosin, bra 50 dosin, handuk 330 potong dan sweater 200 potong total senilai Rp144,55 juta serta bantuan pipa peralon," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman juga mengirim relawan sebanyak 20 orang yang akan bekerja melakukan pemasangan peralon bersama masyarakat setempat untuk saluran air bersih selama empat hari.

"Mereka terdiri relawan dari PMI, Tagana dan SAR dari Sleman," katanya.

Julisetiono mengatakan, selain penyerahan bantuan kepada masyarakat kecamatan Mantang, Kabupaten Malang, duta Pemkab Sleman tersebut juga akan melakukan bhakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang akan dilakukan empat personel yang terdiri satu dokter dan tiga paramedis.

"Mereka akan melakukan bakti sosial selama satu hari, apabila kondisi memungkinkan dan antusias masyarakat baik maka bisa diperpanjang maksimal dua hari," katanya.

Disamping itu juga akan mengirimkan satu mobil ambulans sebagai pendukung bakti sosial tersebut.

"Yang jelas Pemkab Sleman akan menyediakan obat-obatan untuk 200 orang," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024