PDIP Gunung Kidul optimistis raih 11 kursi

id PDIP

PDIP Gunung Kidul optimistis raih 11 kursi

PDIP (dok istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, optimistis dari hasil perolehan suara Pemilu Legislatif 9 April 2014 mendapatkan 11 kursi DPRD setempat.

"Berdasarkan data dari saksi saat penghitungan suara, kami optimistis mendapat 11 kursi untuk DPRD kabupaten. Harapannya bertambah tiga kursi lagi. Tapi, kami tidak bisa memastikan tambahan perolehan suara sebelum ada pengumuman resmi dari KPU," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Budi Utama di Gunung Kidul, Kamis.

Budi mengklaim, perolehan suara PDIP pada Pemilu 2014 untuk DPRD II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada Pemilu 2009, PDI Perjuangan memperoleh 78 ribu suara dengan meraih 11 kursi. Sedangkan Pemilu 2014 memperoleh sekitar 105 ribu sampai 115 ribu suara dengan harapan mendapat 14 kursi.

"Peningkatan perolehan suara tingkat kabupaten berbanding lurus dengan peningkatan perolehan suara partai secara nasional," kata dia.

Selain itu, lanjut Budi, PDI Perjuangan juga memperoleh tiga kursi untuk DPRD provinsi. Menurut dia, PDIP akan mendapat empat kursi apabila daerah pemilihan Gunung Kidul dibagi dua seperti Bantul dan Sleman.

"Sebenarnya perolehan suara PDIP untuk DPRD provinsi cukup tinggi. Tapi sisa suara partai, kalah dengan perolehan suara partai lain," kata Budi.

Dia mengatakan pada Pemilu 2014 seluruh strategi politik benar-benar dipertaruhkan. Baik mesin politik partai, strategi penempatan caleg dan isu politik yang dikemas.

"Perolehan suara PDI Perjuangan di Gunung Kidul merupakan keberhasilan semua. Selain itu, kepercayaan masyarakat Gunung Kidul merupakan faktor utama," katanya.

Komisioner KPU Gunung Kidul Is Sumarsono mengatakan pihaknya terus melakukan rekapituasi perolehan suara dari setiap panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Kami masih melakukan rekapitulasi perolehan suara," kata Is.

(KR-STR)