KPU minta Linmas tunggu pencairan honor

id kpu minta linmas

KPU minta Linmas tunggu pencairan honor

Hansip Linmas

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta anggota satuan perlindungan masyarakat bersabar menunggu pencairan honor pengamanan tahapan pencoblosan Pemilu 2014.

Koordinator Divisi Hukum dan Hubungan Antarlembaga KPU Gunung Kidul Is Sumarsono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan informasi yang diperoleh, honor linmas cair pada 25 April 2014.

"Mekanisme pencairan masih menunggu dari komite pemenangan pemilu nasional (KPPN). Informsainya sudah bisa dicairkan pada 25 April," katanya.

Dia mengatakan linmas yang berhak mendapatkan honor sekitar 3.795 orang yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Masing-masing akan menerima honor Rp250 ribu ditambah uang makan sebesar Rp25 ribu.

"Keterlambatan sudah kami informasikan sejak awal. Untuk itu, kami mohon pengertiannya kepada seluruh jajaran linmas yang bertugas di TPS saat pencoblosan," kata Is.

Anggota satuan linmas yang bertugas di desa, kata Is, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

"Alokasi dana itu berbeda dibanding linmas pada tingkat TPS," katanya.

Dewan Pembina Paguyuban Dukuh se- Gunung Kidul Janaloka, Sutiyono berharap, KPU segera merealisasikan kewajiban membayar linmas.

"Selama ini saya menerima banyak keluhan dari anggota linmas terkait keterlambatan pemberian honor ini," katanya.

Ia menyinggung mengenai informasi batalnya pengadaan seragam dinas untuk anggota linmas.

Padahal, informasi pemberian seragam secara gratis tersebut sudah disampaikan secara terbuka oleh Kepala Satpol PP Gunung Kidul kepada perwakilan anggota linmas.

(KR-STR)