KPU Kota Yogyakarta gelar rapat pleno perolehan suara

id KPU

KPU Kota  Yogyakarta gelar rapat pleno perolehan suara

Ilustrasi (kpu.go.id)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kota dengan menghadirkan Panitia Pengawas Pemilu setempat dan para saksi.

"Sesuai dengan tahapan pemilu, mulai hari ini kami menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kota. Rencananya, rapat pleno akan dilakukan dua hari hingga Minggu (20/4)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budianto di Yogyakarta, Sabtu.

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tersebut dilakukan berdasarkan urutan daerah pemilihan sehingga dimulai dari Daerah Pemilihan Satu Yogyakarta yang meliputi Kecamatan Mantrijeron, Mergangsan dan Kraton.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta mengawali rapat pleno tersebut dari Kecamatan Mantrijeron. KPU meminta salah seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mantrijeron untuk membuka kotak suara yang tersegel di hadapan para saksi.

Dari kotak suara tersebut, anggota PPK mengeluarkan empat buah amplop berisi berita acara rekapitulasi di tingkat kecamatan untuk DPR RI, DPRD DIY, DPRD Kota Yogyakarta dan DPD.

Sebelum melakukan rekapitulasi suara untuk Kecamatan Mantrijeron, Wawan menunjukkan kepada seluruh saksi dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bahwa amplop masih tersegel.

Wawan kemudian membacakan secara berurutan jumlah pemilih di kecamatan tersebut dan baru membacakan jumlah perolehan suara untuk masing-masing partai politik dan calon anggota legislatif.

Waktu yang dibutuhkan untuk membacakan secara lengkah rekapitulasi perolehan suara untuk Kecamatan Mantrijeron sekitar satu jam. Rekapitulasi berjalan lancar karena tidak ada sanggahan apapun dari saksi maupun Panwaslu Kota Yogyakarta.

Di Kecamatan tersebut, terdapat 20.443 pemilih dari total 26.491 pemilih yang menggunakan hak suaranya, baik dari daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tetap tambahan, daftar pemilih khusus, dan daftar pemilih khusus tambahan.

Sedangkan partai politik dengan perolehan suara terbanyak adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yaitu 6.795 suara.

"Kami berharap, pada rapat pleno hari pertama ini dapat menyelesaikan rekapitulasi untuk tiga daerah pemilihan," katanya.

(E013)

Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024