KPU Bantul akan gelar pleno perolehan suara

id KPU

KPU Bantul akan gelar pleno perolehan suara

Kantor Komisi Pemilihan Umum Kab. Bantul (Foto Antara/Mawaruddin/ags)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara hasil pemungutan suara 9 April pada Minggu, 20 April.

"Rapat pleno perolehan suara pemilu akan digelar KPU besok (Minggu, 20 April), dan hari ini kami meyiapkan untuk plenonya," kata Ketua KPU Bantul, M Johan Komara di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, rapat pleno tersebut akan mengundang saksi partai politik (parpol) peserta Pemilu, saksi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat, dan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

Pihaknya juga memastikan bahwa 17 PPK telah mengirimkan hasil rekapitulasi perolehan suara ke KPU, setelah masing-masing menerima hasil rekap dari masing-masing panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa.

"Sampai hari ini semua PPK telah mengirimkan rakapnya, untuk kotak suara dan bilik suara hari ini (Sabtu) jadwal pengambilan terakhir," kata Johan Komara.

Ia mengatakan, dalam rekapitulasi perolehan suara telah dilakukan sesuai tahapan, yakni mulai di KPPS pada 10 April, kemudian rekap di PPS mulai 10 sampai 15 April, di PPK mulai 13 sampai 17 April, dan selanjutnya rekapitulasi di KPU kabupaten mulai 19 sampai 21 April.

Menurut dia, jika dalam rapat pleno di KPU nanti ada keberatan dari saksi parpol atau pihak lain terhadap hasil rekapitulasi di PPK, sesuai mekanisme pihaknya akan menelusuri dokumen rekapitulasi yang ada di bawahnya.

"Sertifikat yang dibacakan adalah hasil rekap di kecamatan form DA dan DA1, jika ada selisih maka cek dokumen di bawahnya yaitu form D dan D1, begitu seterusnya hingga pada form C1 plano, jika belum cocok maka dengan membuka kotak suara," katanya.

Pemilu di Bantul dilakukan di sebanyak 2.295 tempat pemungutan suara (TPS), dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 716.264 pemilih ditambah daftar pemilih khusus (DPK) 1.804 pemiluh dan pemilih tambahan sekitar 500 orang.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024